Prokes 3M Harus Dikenalkan ke Anak Sejak Dini

FOTO IMAN/ BE – Kadis Kesehatan Kota Bengkulu, Susilawaty.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Kesehatan meminta kepada seluruh para orang tua untuk mengenalkan protokol kesehatan (Prokes) 3M kepada anak agar terhindar dari penularan Covid-19. Karena selain rentan tertular kepada lanjut usia (lansia), Covid-19 juga sangat berbahaya bila menyerang anak-anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Susilawaty mengatakan, peran orang tua sangat penting untuk mengenalkan Prokes 3M pada anak yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun serta menjaga jarak. Apalagi saat ini anak-anak menjadi populasi paling retan dan mudah terpapar oleh covid-19.

“Melihat data yang terkonfirmasi positif Covid-19 sekarang ini, ada beberapa anak usia 1 tahun yang terpapar. Jadi jangan lupa harus terus melakukan prokes dalam keseharian dan tanamkan hal itu ke anak-anak kita,” kata Susilawaty, Kamis (19/11).

Selain itu, ia menambahkan, hal ini sudah menjadi prioritas yang akan terus dilakukan pemerintah pusat maupun daerah, agar pandemi Covid 19 tidak menyerang anak-anak terutama yang masih masuk kategori balita.

“Sosialisasi dan edukasi akan terus kita berikan agar para orang tua lebih peka dan bisa menerapkannya ke anak-anak mereka,” bebernya.

Selain itu, Susilawaty juga mengingatkan kepada masyarakat Kota Bengkulu, bahwa sekolah secara daring bukan berarti libur. Anak tetap diharuskan belajar dirumah agar lebih aman dari penyebaran Covid 19.

“Jangan salah kaprah tentang belajar secara daring. Sehingga memanfaatkan waktu untuk berwisata, keluar kota ataupun ke daerah yang penyebarannya Covid-19 masih tinggi. Nikmati waktu itu dirumah saja, agar terhindar Covid 19 dan tidak menambah kalster baru dalam penyebarannya” ucapnya.

Ia menambahkan, 3M merupakan kunci utama dalam memerangi wabah virus korona ini. Dan juga penerapan adaptasi kebiasaan baru, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Jadi orang tua harus terus mengingatkan kepada anak tentang 3M setiap harinya, jangan pernah bosan melakukan hal itu demi kebaikan bersama,” tutupnya. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*