Program Sidang Itsbat Nikah PWI Mukomuko Bisa Jadi Contoh

MUKOMUKO, bengkulu ekspress.com– Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Mukomuko mengapresiasi digelarnya sidang itsbat nikah di Mukomuko. Ditambah lagi yang menginisiasi pertama kali adalah organisasi profesi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mukomuko.
“Sidang Itsbat nikah bisa ditindaklanjuti dan menjadi contoh bagi pemerintah, instansi atau lainnya dan bisa menjadi salah satu program unggulan untuk Pemkab Mukomuko. Khususnya program dalam memberikan pelayanan ke masyarakat,” sampai Wakil Ketua PA Kabupaten Mukomuko, Fatullah SAg.

Ia juga menyampaikan, kegiatan yang digelar PWI Mukomuko dalam rangka HUT PWI ke-3 tahun merupakan sidang itsbat terpadu yang melibatkan berbagai dinas dan instansi. Yakni PA, Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Kantor Urusan Agama (KUA) Kota Mukomuko, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Mukomuko, Kantor Kecamatan Kota Mukomuko dan pemerintah desa/kelurahan yang warganya sudah terdaftar sebagai peserta.
“Pelayanan ini membuat masyarakat gembira dan memang dinanti. Informasi yang kami terima, cukup banyak pasangan suami istri di daerah ini sudah sah menikah secara agama, tetapi belum diakui secara hukum negara,” ujarnya.

Kasi Binmas Kemenag Mukomuko, H Feri Irawan dan KUA Kecamatan Kota Mukomuko, Damrizal mengakui cukup banyak warga yang belum diakui secara negara dan belum mendapatkan buku nikah sesuai prosedur dan aturan yang berlaku. “Beberapa waktu lalu ada warga datang ke KUA. Yang bersangkutan ingin membuat buku nikah. Keperluannya untuk anaknya mengikuti tes penerimaan tentara. Tetapi, pihaknya tidak bisa menerbitkan. Karena untuk menerbitkan buku nikah terlebih dahulu harus melalui sidang itsbat yang pengesahannya dilakukan hakim Pengadilan Agama,” bebernya.

Ia juga menyampaikan, setelah menjalani sidang dan jika pasangan itu nantinya diputuskan sah secara negara oleh Hakim PA Mukomuko. Maka pasangan suami istri itu akan langsung mendapatkan buku nikah dari KUA.
“Kami sangat salut dengan PWI Mukomuko dan kami sangat mendukung. Ini tidak lain untuk membantu dan memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tambahnya.(900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*