Program Seribu Jalan Mulus Segera Dimulai

Salah satu akses jalan yang harus diperbaiki tahun 2021 ini.

TAIS, bengkuluekspress.com – Program 1000 jalan mulus di Kabupaten Seluma tahun 2021 ini mulai berjalan. Pasalnya, anggaran dana alokasi khusus (DAK) APBN tahun 2021 sebesar Rp 36 miliar untuk pembangunan daerah terpencil khususnya jalan.

“Yang jelas sudah kita selaraskan dengan pembangunan ke-4 ulu di Kabupaten Seluma. Termasuk anggaran APBD Seluma,” tegas Kepala Dinas PUPR Seluma, M Saipullah ST SE, kepada wartawan.

Dirincikan, angaran tersebut kita kucurkan ke-4 ulu yakni, Ulu Alas, Ulu Talo, Ulu Seluma, Ulu Lubuk Sandi. Lanjutnya, DAK 36 miliar tersebut dengan rincian, untuk Binamarga sebesar Rp 12 miliar, Cipta Karya Rp 10 miliar, SDA Rp 5 miliar, dan Transdes Rp 9 miliar.

“Rp 12, miliar Binamarga itu diantaranya untuk jalan desa dari Desa Padang Pelasan menuju Desa Talang Alai Kecamatan Air Periukan, dengan anggaran sebesar 12 miliar dan jalan dari Desa Pandan menuju Kelurahan Puguk sebesar Rp 3,5 miliar,” pungkasnya.

Ditambahkan, untuk peningkatan jalan Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara, rencananya akan dibangun tahun 2020 lalu. Dimana terdapat anggaran sebesar Rp 21 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN. Terpaksa akan dialihkan pada kegiatan lainnya karena akses jalan dari Kelurahan Puguk ke Desa Lubuk Resam masuk dalam kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT). Sehingga, pengelolaan hutan tersebut harus ada izin dari Kementerian Kehutanan. Penganggaran untuk pembangunan jalan tersebut untuk membuka akses jalan ke destinasi wisata pemandian air panas di Desa Lubuk Resam yang telah di SK-kan oleh gubernur.

“Kita menerima laporan dari Kades Lubuk Resam berkaitan dengan pengalihan anggaran DAK, sehingga dalam waktu dekat ini akan dilakukan rapat dengar pendapat,” sampainya. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*