Program Sakti di BS, Beli 100 Sapi

Ir Silustero MM

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan (BS), Ir Silustero MM mengatakan, tahun 2021 program satu keluarga satu sapi (Sakti) akan dimulai. Meskipun anggaran yang disetujui pada APBD BS 2021 tidak sesuai usulan. Namun bisa menjadi percontohan pada masa yang akan datang.

“Tahun ini program saksi kita akan membeli 100 ekor sapi,” katanya.

Dikatakan Silustero, sapi yang akan menjadi program sakti tersebut nantinya akan melihat perkembangan di masyarakat, sapi apa yang cocok untuk dikembangkan. Kemudian ke-100 ekor sapi tersebut akan diserahkan kepada warga BS untuk dikembangbiakan.

“Penerimanya nanti yakni warga yang benar -benar mau beternak sapi,” ujarnya.

Sebab, nanti setelah sapi diserahkan kepada mereka, maka mereka wajib memeliharanya dengan cara dikandangkan. Setelah berkembangbiak dan dua kali beranak, indukan sapi diserahkan kepada orang lain untuk memeliharanya. Sehingga ketika dua kali beranak, dilanjutkan diserahkan kepada orang lain lagi, hingga sapi tersebut tidak produktif lagi.

“Setelah sapi tidak produktif lagi, lalu dijual dan dibelikan lagi ke sapi dan selanjutnya sapi tersebut diserahkan kepada warga untuk dipelihara hingga akhirnya semua warga BS bisa memiliki ternak sapi,” terang Silustero. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*