Program Replanting Segera Dikerjakan

Sawit
foto:ist

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Program peremajaan tanaman atau replanting tanaman sawit dengan luas 562,795 hektar di wilayah Kabupaten Mukomuko, segera dikerjakan dalam waktu dekat. ”Program replanting segera dikerjakan dengan luasan 562,795 hektar,” sampai Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Heri Prastyono SSTP didampingi Kepala Bidang Perkebunan, Erry Siagian SHut dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, kemarin (14/1).

Saat ini, pihaknya tinggal menunggu anggaran kegiatan tersebut dilakukan pencairan. Informasi yang diperoleh pihaknya, rekomendasi dari Dirjen sudah diterbitkan ke Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Sawit (BPDPS). Saat ini tinggal menunggu pencairan dari pihak tersebut ke masing-masing rekening kelompok penerima.

Tahap awal pekerjaan replanting di daerah ini, jelas Hery, sebelumnya mencapai luas 580 hektar. Ketika tim dari pusat melakukan verifikasi ada sekitar 18 hektar dinyatakan tidak lolos verifikasi. Penyebabnya ada beberapa hal, diantaranya ada satu Kepala Keluarga (KK) mengajukan lebih dari empat hektar. Karena berdasarkan aturan, hanya dibolehkan dua hektar setiap KK-nya.

Termasuk ada juga lahan yang diusulkan masuk dalam Hutan Produksi Terbatas (HPT). Kepala Keluarga yang masuk dalam kelompok yang akan mendapatkan program replanting tahap awal ini mencapai 267 KK yang tergabung dalam 5 gabungan kelompok tani (Gapoktan).

Diantaranya KRP Tunas Harapan dengan luas lahan 54,153 hektar milik 31 KK. Selanjutnya KRP Tanetra Sejahtera dengan luas lahan 103,348 hektar milik 48 KK, KRP Wanita Usaha dengan luas lahan 134,174 hektar milik 52 KK, KRP Sungai Barau dengan luas lahan 167, 967 hektar milik 87 KK dan KRP Mukomuko dengan luas 103,151 hektar milik 49 KK.  “Harapan kita dalam bulan ini program tersebut sudah bisa dikerjakan,”lanjut Erry.(900)