Program PATB di Bengkulu Utara Seluas 1.602 Hektar


APRIZAL/BE
Bantuan paket lengkap yang telah disalurkan ke kelompok tani oleh pihak DTPHP BU program PATB.

ARGA MAKMUR, bengkuluekspress.com – Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Pertanian (DTPHP) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) pada tahun 2020 ini telah menerima program tambahan dari pemerintah pusat berupa Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) seluas 1.602 hektar. Melalui program PATB tersebut, petani di Kabupaten BU mendapatkan bantuan paket lengkap, seperti pupuk, benih, herbisida dan lainnya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala DTPHP BU, Kuasa Barus melalui Kabid Tanaman Pangan Holtikultura, Jamroh SP saat dikonfirmasi BE.
“1.602 hektar luasanya untuk Kabupaten BU, sumbernya dari APBN melalui Dirjend Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI,” kata Jamroh

Jamroh menambahkan, bahwa program PATB untuk di Kabupaten BU ada sebanyak 58 kelompok tani yang mendapatkan program tersebut dan sudah didroping semua ke kelompok tani.
Jamroh menerangkan, bahwa penyalurannya bantuan paket lengkap didrop secara 2 tahap. Untuk tahap pertama 893 hektar dan tahap kedua 709.
“Semuanya sudah kita drooping ke kelompok tani. Dimana pertahap kelompok tani mendapatkan benih padi sebnayak 20 kilo perhektare, pupuk NPK 200 kilo perhektar, herbisida 3 kilo perhektar, pestisida 1 liter perktar, pupuk hayati 4 liter perkhektar,” terangnya.

Jamroh pun menuturkan, bahwa program yang digelontorkan Kementerian tersebut sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan produksi padi agar terus tercipta swasambada pangan di Indonesia.
“Kita bersyukur telah mendapatkan program PATB dari Kementan RI, tentu program ini sangat bermanfaat bagi petani,” tukasnya.(127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*