Program OPD Harus Tepat Sasaran


IRUL/Bengkulu Ekspress
RAKOR: Para perwakilan masing-masing OPD di lingkungan Pemkab Kaur, saat mengikuti Rakor Forum OPD dalam rangka penyusunan RKPD 2020 di aula Bappeda dan Litbang Kaur, Senin (11/3).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Asisten II Setda Kaur Bahrun Budiman MH MH meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kaur, dalam penyusunan program pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020 harus tepat sasaran.

Hal ini disampaikan Bahrun saat membuka Forum OPD penyusunan RKPD dengan tema“Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pembangunan Infrastruktur dan Peningkatan Sumberdaya Manusia” di aula Bappeda dan Litbang Kaur, Senin (11/3).



“Penyusunan RKPD tahun 2020 harus lebih efektif dan efisien serta mampu menjawab segala permasalahan dan tantangan yang dihadapi secara tepat dengan tetap fokus dengan visi dan misi pemerintah,” kata Bahrun, kemarin (11/3).

Dikatakan Bahrun, sebelum mengajukan anggaran, OPD harus mengingat bahwa apa yang diajukan itu harus dipertanggungjawabkan. Sehingga penyusunan RKPD harus jelas apa programnya.

Juga perencanaan anggaran harus terintegrasi, berbasis kinerja dan dimulai dari analisa yang tepat. Hal itu diawali dengan komitmen semua OPD untuk mewujudkan Kaur mandiri dan sejahtera.

“Mulai dari ini kita harus berfikir untuk tahun yang akan datang, makanya RKPD ini harus tepat sasaran agar bisa menyentuh masyarakat,” terangnya.

Ditambahkannya, prioritas pembangunan 2020 seperti infrastruktur, peningkatan kualitas layanan dasar, pengembangan ekonomi berbasis kerakyatan dan pengembangan sektor pariwisata.

Oleh Karena itu melalui forom OPD ini ia meminta kepada seluruh OPD menyampaikan usulan pembangunan yang sudah dikaji dengan baik dan sesuai dalam Musrenbangcam. “Ini bertujuan untuk menyejahterahkan masyarakat dan menjadikan Kaur yang lebih baik lagi, makanya dari itu program yang disusun harus tepat sasaran dan menyentuh masyarakat dan jangan asal saja,” jelasnya.(618)