Program Cetak Sawah di Lebong Tak Capai Target


ERICK/BE
BERKURANG: Lahan persawahan milik warga Lebong terus mengalami pengurangan, karena dialih fungsikan.

LEBONG, bengkuluekspress.com – Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Kabupaten Lebong di tahun 2020 hanya mampu melakukan pencetakan sawah seluas 50 hektar. Sementara target cetak sawah selama 2016-2021 2.500 hektar.
Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana Disperkan Kabupaten Lebong SH MH mengatakan, untuk target cetak sawah belum tercapai dari target. Sebab program cetak sawah anggarannya diambil dari pemerintah pusat yang memang ada program cetak sawahnya.
“Kita menunggu jatah dari pemerintah pusat untuk pelaksanaannya,” jelasnya, Minggu (20/09).

Sementara untuk penganggaran melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Lebong, diri melanjutkan, memang tidak dianggarkan. Sehingga di tahun 2020 ini program cetak sawah tidak ada.
“Baik itu dari kementerian maupun dari pemerintah daerah Lebong,” ucapnya.

Bahkan untuk tahun 2021 mendatang, sambungnya, juga belum bisa memastikan apakah bisa terlaksana atau tidak. Memang sebelumnya telah berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan dirinya mendapatkan infonya ada programnya.
“Rencananya ada, tetapi tidak tahu apakah nanti terlaksana atau tidak saya belum tahu,” dalihnya.
Luas sawah di Kabupaten Lebong yang mencapai 9 ribu hektar lebih terus mengalami pengurangan. Karena lahan sawah sudah banyak dialih fungsikan, baik dijadikan sebagai lahan perumahan, perkantoran atau fungsi lainnya.(614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*