Program Bea Siswa Masuk RPJMD

Beasiswa
Foto Ist

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lebong tahun 2016-2021, Pemerintah Kabupaten Lebong (Pemkab) Lebong menargetkan dapat mencetak sarjana melalui program beasiswa gratis sebanyak 150 orang sarjana.

Sejak dibuatnya beasiswa gratis melalui RPJMD, setiap tahun Pemkab terus mengirim mahasiswa ke berbagai universitas dan perguruan tinggi, baik di dalam maupun di luar Provinsi Bengkulu. Terakhir pada tahun 2018, sebanyak 8 mahasiswa/I terbaik Lebong yang mendapatkan kesempatan untuk kuliah. Yaitu 3 orang kuliah di Universitas Bengkulu (UNIB), 2 orang kuliah di Universitas Sriwijaya, 1 orang kuliah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) serta 2 orang kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lebong, H Guntur SSos mengatakan, bahwa program kuliah gratis bagi anak-anak berprestasi di Kabupaten Lebong merupakan salah satu dari 16 program unggulan Pemkab Lebong.



“Yaitu mencetak 150 sarjana, ini dimasukan ke dalam RPJMD 2016-2021,” jelasnya, kemarin.

Untuk tahun 2019 ini, pihaknya telah menyiapkan 25 kuota kuliah gratis bagi anak-anak berprestasi di Kabupaten Lebong, untuk melanjutkan sekolahnya di universitas atau perguruan tinggi yang akan mereka masuki. “Ini terbuka untuk semua siswa yang ada di Lebong,” sampainya.

Dengan program ini, nantinya para sarjana yang dikuliahkan oleh Pemkab Lebong akan menjadi salah satu pihak yang akan ikut serta melanjutkan roda pemerintahan Kabupaten Lebong yang memiliki Sumber Daya Mansuia (SDM) yang berkualitas.

“Karena setelah mereka lulus dari perkuliahan, mereka akan mengabdi minimal 15 tahun di pemerintah Kabupaten Lebong,” sampainya.

Akan tetapi nantinya mereka belum bisa langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), namun Pemkab Lebong akan menyampaikan data-data mereka (mahasiswa yang lulus dari program gratis) ke kementrian Pemberdayaan Aparatur Negera dan reformasi Birokrasi (Menpan-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) agar mereka bisa diprioritaskan.

“Itu pasti akan kita sampaikan, karena mereka merupakan orang-orang pilihan,” ujarnya. Dimana bagi anak-anak berprestasi Lebong yang mendapatkan kesempatan dikuliahkan oleh Pemkab Lebong, mereka akan dibiayai mulai dari biaya kuliah, biaya hidup serta biaya buku yang akan diberikan selama 9 semester. “Namun jika lebih dari 9 semester, maka mereka (mahasiswa/i) tidak akan lagi dibiayai oleh Pemkab,’ tutur Kepala BKPSDM.(614)