Produksi Padi Kepahiang Diatas Provinsi

foto: IST

KEPAHIANG bengkuluekspress.com – Produksi padi Kabupaten Kepahiang berada di atas rata-rata produksi padi di Provinsi Bengkulu. Jika tingkat provinsi rata-ratanya 45 kwintal perhektar, maka Kabupaten Kepahiang berada diangka 47,2 kwintal perhektar setiap tahunnya.
Tingkat produksi padi yang cukup tinggi tersebut membuat ketersediaan beras untuk masyarakat Kabupaten Kepahiang selalu aman dan terkendali. Hingga harga jual dipasaranpun masih dapat dikontrol secara baik oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang.
“Alhamdulillah produksi padi kita cukup membanggakan, bahkan bisa diatas rata-rata provinsi Bengkulu,” tegas Bupati Kepahiang, Hidayattullah Sjahid.

Menurut Bupati, luas lahan persawahan Kabupaten Kepahiang hanya 4.936 hektar. Dengan lahan produktif hanya separohnya, maka luas lahan persawahan itu jauh lebih kecil dibandingkan Rejang Lebong, Lebong ataupun Bengkulu Selatan. Tetapi hasil produksi padi sawah selalu bisa optimal didapati masyarakat, karena selama ini petani padi selalu tepat menerapkan pola tanam dan perawatan padi.
“Ini semua tidak terlepas dari ketersediaan bibit unggul, penggunaan pupuk organik berimbang, itu jadi kuncinya,” ungkap Hidayattullah.

Dilanjutkan Dayat, lahan persawahan diseluruh wilayah Kabupaten Kepahiang hanya menggunakan irigasi semi teknis. Sebab Kepahiang tidak memiliki bendungan besar seperti Mukomuko. Semua lahan persawahan dapat digarap secara optimal dengan rata-rata dua kali tanam setiap tahunnya.
“Kami berterimakasih dengan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Pertanian provinsi Bengkulu yang setiap tahunya menyalurkan bibit unggul untuk para petani,” tutup Hidayattullah. (320)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*