Produksi Cabai Tertinggi

Doni/Bengkulu Ekspress
Bidang Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang memamerkan hasil pertanian masyarakat pada Stand MVF 2019.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress– Tanama cabai menjadi salah satu alternatif pilihan petani diluar menanam kopi. Tentunya tersebut lebih menguntungkan karena masa panen yang jauh lebih singkat dibandingkan kopi atau memerlukan waktu kurang lebih 100 hari.



Data Bidang Holtikultura Dinas Pertanian ada 12 jenis sayuran yang banyak ditanam para petani. Kelompok petani tersebut tersebar di delapn kecamatan dengan populasi terbesar ada di Kecamatan Kabawetan. “Ada 12 yang banyak ditanam para petani kita, dengan tanaman terbanyak itu seperti cabai, buncis, tomat serta ada bawang baik putih maupun merah,” jelas Kadis Pertanian Hernawan SPKP melalui Kabid Holtikultura Budi SP.

Bahkan tahun 2018, terang Budi, cabai merah besar mencatatakan produksi tertinggi sebanyak 96.312 kwintal. Kemudian diikuti oleh kentang dengan hasil 6.820 kwintal. “Memang kalau tanaman sayur mayur itu banyak yang ditanam petani, tetapi kalau untuk unggulan nasional kita ada cabai merah dan bawang,” tuturnya.

Bidang Holtikultura sendiri terus berinovasi untuk mengembangkan keahlihan para petani. Diantaranya, dengan mendatangan instruktur dari laur daerah agar menularkan ilmu kepada para petani supaya bisa meningkatkan hasil panen. Seperti pada sektor petani kentang, pemerintah mengembangkan pola stek agar bisa memperbanyak bibit serta meningkatkan hasil panen. (320)