Produk Apple Paling Diincar Perampok

NEW YORK– Produk Apple mulai dari iPhone, iPad, dan iPod masuk dalam daftar target utama penjahat New York. Ini didasari tren pencurian ketiga produk tersebut selama 2012 yang meningkat mencapai 40 persen, dibanding kenaikan tingkat kejahatan kota secara umum yang hanya 4 persen.

Jumlah yang dicuri atau dirampok menurut New York Police Department (NYPD), sebanyak 11.447 unit, atau naik sebanyak 3.280 dari jumlah tahun 2011. Menariknya, pejabat NYPD mengaku tak terkejut dengan kenaikan ini.

Alasannya, kini makin banyak pejalan kaki menggunakan ponsel di jalanan. Termasuk pula mendengarkan musik dengan headphone, sehingga tak sadar ada penjahat di sekitar mereka yang terus mengintai untuk merebut gadget mahal tersebut.

Sementara, kereta bawah tanah dan bus menjadi tempat favorit para pencuri melakukan aksinya. Satu lagi daerah rawan di Big Apple” yang diincar para penjahat adalah kawasan elit seperti Greenwich Village. Di daerah ini sering didapati kaum menengah dengan penampilan nyentrik atau hipsters, berjalan sambil menenteng gadget kreasi almarhum Steve Jobs itu.

Sebelum jadi korban, kepolisian setempat meminta para pengguna iPhone,iPad, dan iPod untuk selalu mewaspadai kondisi lingkungan sekitar saat berjalan kaki. Apple Store juga diminta mendaftarkan nomor seri perangkat sebelum dijual.

Cara lain, pengguna diminta meng-install aplikasi pelacak “Find My iPhone” yang bisa membantu polisi mencari perangkat curian. Tingkat kejahatan terhadap apple fanboy New York menurut situs phonearena, memang mengkhawatirkan.

Awal tahun ini, seorang pejalan kaki bernama Hwang Yang (26) dibunuh perampok setelah menolak menyerahkan iPhone-nya. (pra/jpnn)