Proaktif Awasi Siswa

siswa
Foto : IST

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Kaur, Three Marnope SPd MTPd, kembali mengingatkan para guru untuk proaktif mengawasi para siswa selama di sekolah. Hal ini guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk potensi tindak kekerasan dan penyalahgunaan Narkoba yang makin mengkhawatirkan.

“Kepada para guru di sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan siswanya, salah satunya meningkatkan pegawasan siswa dari hal-hal yang tidak diinginkan,” harap Three Marnope, kemarin (6/8).

Dikatakannya, guna menjaga kedisiplinan peserta didik, para guru pun diminta untuk mengawasi mereka selama berada di lingkungan sekolah. Sebab saat ini banyak siswa yang bolos sekolah dan main Warnet. Juga Warnet ini ternyata banyak disalahgunakan generasi muda sebagai tempat bolos sekolah. Hal ini dinilai sudah tingkat mengkhawatirkan.



“Guru harus secara proaktif mengawasi siswanya. Tak terkecuali saat jam istirahat, semua masih menjadi wilayah pengawasan guru,” terangnya.

Ditambahkannya, ia meminta kepada para guru selalu memantau siswanya, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti siswa yang sering bolos karena main game di Warnet. Sebab dengan perkembangan teknologi informasi dewasa ini perlu dikontrol agar tak memberi efek negatif bagi siswa.

“Pergaulan anak-anak selama ini disekolah harus menjadi wilayah pengawasan guru dan sekolah. Lebih baik mengantisipasi, daripada muncul permasalahan di kemudian hari,” pungkasnya.(618)