PRJ Kembangkan Kreatifitas Siswa

Pembukaan Pekan Raya Jenggalu SMAN 7 Plus, Kota Bengkulu, kemarin (17/1), ditandai dengan pelepasan burung Merpati.
Pembukaan Pekan Raya Jenggalu SMAN 7 Plus, Kota Bengkulu, kemarin (17/1), ditandai dengan pelepasan burung Merpati.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Semua sekolah di Provinsi Bengkulu harus unggul. Keunggulan salah satu sekolah itu bisa dilihat dari kegiatan nonakdemik yang digelar sekolah. Seperti kegiatan Pekan Raya Jenggalu SMAN 7 Plus Kota Bengkulu, kemarin (17/1). Kegiatan PRJ itu dinilai mampu menumbuhkembangkan kreatifitas siswa dan membawa baik nama sekolah sehingga menjadi sekolah favorit.

Harapan ini disampaikan Staff Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintah Provinsi Bengkulu Drs H Rusdi Bakar MPd disela pembukaan Pekan Raya Jenggalu SMAN 7 Plus Kota Bengkulu, kemarin (17/1).

Menurut Rusdi Bakar, sekolah bisa dilihat maju atau tidaknya dilihat dari dua sisi, yaitu sisi akademis dan sisi nonakademis. Pekan Raja Jenggalu (PRJ) dinilai sebagai salah satu kegiatan non akademis yang membuat sekolah bisa terkenal, menjadi favorit dimata masyarakat, karena selalu jawara, sedangkan di bidang akademik, prestasinya dapat dilihat jika para alumni tiap tahun diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Dua sisi ini perlu dikembangkan, baik akademik kokurikuler maupun kegiatan extrakurikulernya,” katanya.

Pelaksanaan PRJ dinilai membina dan membentuk kaderisasi para Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) untuk pembentukan karakter. Kegiatan seperti ini bukan hanya perayaan HUT sekolah semata, tetapi sebagai bentuk refleksi diri sekolah dari berdirinya sekolah hingga berkembang seperti saat ini.

Kegiatan non akademik, seperti kewirausahaan dan non akademik juga perlu dikenalkan karena tidak semua anak nantinya menjadi Aparatur Sipil Negera (ASN).

“Inilah ajang melatih mental anak, dan ini harus disupport seluruh kalangan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Drs Budiman Ismaun MPd dalam sambutannya menuturkan, semua sekolah di Provinsi Bengkulu mengapresiasi kegiatan yang dilakukan SMAN 7 Kota Bengkulu, yang telah membina siswa/siswinya baik akademik dan non akademik.

”Ini wadah dalam pembentukan karakter anak didik saat ini. Hal positif inilah yang bisa menjauhkan mereka dari bahaya narkoba,” pesannya.

Sementara itu, Kepala SMAN 7 Kota Bengkulu Sarjono SPd MPd mengatakan, Pekan Raya Jenggalu kegiatan untuk mengembangkan potensi siswa khusus ekstrakurikuler, para peserta dari pelajar SMA baik dari kota maupun kabupaten se-Provinsi Bengkulu.

Pekan raya digelar selama empat hari dengan berbagai mata lomba yang memperebutkan dua piala, yaitu piala tetap dan piala bergilir, namun masih ada beberapa piala untuk setiap mata lomba.

”Diera saat ini multi talenta anak-anak harus dibentuk, selain akademik non akademik penting, kedepan para siswa/siswi ini tidak mengalami kesulitan,” tuturnya.

Pantauan Bengkulu Ekspress dilokasi, pembukaan PRJ diawali dengan tokok dol, dilanjutkan dengan melepas burung Merpati dan balon, yang dipimpin staff ahli dan diikuti rombongan. Tim selanjutnya memantau stand kewirausahaan para siswa. (247)