Presidium Lembak Sambangi DPR RI

Ari, Pelang slamat datang di calon Kabupaten Lembak (1)

CURUP, BE – Untuk memastikan nasib calon Kabupaten Lembak dalam proses pemekarannya. Dalam waktu dekat ini tim presedium Lembak akan mendatangi DPR RI di Jakarta.

Menurut Ketua Ketua Bidang Komunikasi dan Data, Presidium Pemekaran Lembak, Daeng Oktora kedatangan mereka ke Senayan tersebut terkait adanya sejumlah perubahan ketentuan aturan pemekaran terhadap DOB Lembak. Diantaranya, pasca dimekarkan, Lembak masih diwajibkan untuk tetap menginduk dengan kabupaten Rejang Lebong selama 3 tahun

“Informasi yang terkait dengan peraturan baru ini baru kita dapat dari kolega di Jakarta. Oleh karena itu untuk memastikan prihal tersebut kita akan mendatangi langsung DPR RI,” ungkap pria yang akrab disapa Mang Denk tersebut.

Namun menurut Mang Denk, sebelum berangkat ke ibu kota, pihaknya sudah berkoordinasi dengan beberapa senator asal Bengkulu. Menurut Daeng para senator asal Bengkulu yang diketuai mantan Walikota Bengkulu Ahmah Kenedi berjanji akan memperjuangkan pemekaran Lembak sehingga bisa menjadi daerah otonom baru (DOB)

“Saat para senator kita termasuk di dari Bengkulu tengah memperjuangkan 87 DOB di Indonesia termasuk Lembak. Insya Allah, tahun 2017 mendatang, impian masyarakat Lembak untuk mekar tercapai,” ujar Daeng.

Ditambahkan Daeng, pihaknya sudah menyampaikan kajian dari Universitas Bengkulu (UNIB) terkait pengajuan DOB Lembak tersebut. Wilayah Lembak, sesuai kajian tersebut, sudah lebih dari cukup dengan peraturan atau perundang-undangan yang berlaku.

Hanya saja, sambung Daeng, DOB Lembak masih gagal disahkan tahun 2015 lalu, lantaran menurut Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) masih belum memenuhi standar dari peraturan yang berlaku.

“Lembak memiliki banyak potensi, mulai dari potensi wisata, perkebunan hingga minyak dan gas. Saat ini luas daerah Lembak seluas 99 ribu hektar dengan jumlah penduduk lebih dari 120 ribu jiwa,” jelas Daeng. (251)