Prancis dan Portugal Lolos ke Babak 16 Besar U-20

prancisPrancis dan Portugal memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-20. Nigeria yang meraih kemenangan pada partai ketiga juga lolos dari fase grup.

Prancis menelan kekalahan 1-2 ketika bertemu Spanyol di Turk Telekom Arena, Istanbul, Kamis (27/6/2013). Spanyol lebih dulu unggul dua gol lewat Paco Alcacer pada menit ke-23 dan Jese Rodriguez pada menit ke-56. Prancis cuma bisa membalas sekali melalui gol Thibaut Vion di injury time.

Kemenangan ini menempatkan Spanyol di puncak klasemen Grup A dengan sembilan poin dari tiga partai. Sementara itu, Prancis tetap lolos sebagai runner-up grup dengan koleksi empat poin.

Pada pertandingan lain di Grup A, Ghana menang telak 4-1 atas Amerika Serikat. Empat gol Ghana dicetak oleh Frank Acheampong (menit 38), Ebenezer Assifuah (menit 58, 78), dan Kennedy Ashia (menit 83). Satu-satunya gol AS tercipta atas nama Shane O’Neill (menit 69).

Dengan hasil itu, Ghana menduduki posisi ketiga klasemen dengan tiga poin. Mereka masih bisa lolos ke 16 besar sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik. Tapi, mereka harus lebih dulu menunggu hasil pertandingan grup-grup lainnya.

Grup B

Dari Grup B, Portugal meraih kemenangan telak atas Kuba. Mereka menang 5-0 berkat gol-gol Ricardo (menit 15), Aladje (menit 37), Bruma (menit 43, 62), dan To Ze (menit 69).

Sementara itu, Nigeria sukses mengalahkan Korea Selatan dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang Nigeria diciptakan oleh Olarenwaju Kayode pada menit kesembilan.

Dengan hasil-hasil tersebut, Portugal lolos ke 16 besar sebagai juara grup dengan raihan tujuh poin. Nigeria yang jadi runner-up dengan enam poin juga lolos.

Korsel menempati posisi ketiga dengan empat poin dan masih mungkin lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.