Pramuka Lahirkan Generasi Unggul


UPACARA: Sekda Kaur bersama Kepala OPD saat foto bersama dengan anggota Pramuka pada acara peringatan HUT Pramuka ke-58 di lapangan Merdeka Kota Bintuhan, Rabu (14/8).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kaur H Nandar Munadi SSos MSi berharap adanya generasi perubahan atau melahirkan generasi-generasi muda unggul dan lebih baik yang ditimbulkan oleh para anggota Pramuka. Hal tersebut disampaikannya saat memimpin upacara pada puncak peringatan Hari Pramuka ke-58 tahun 2019 di lapangan Merdeka Kota Bintuhan, Rabu (14/8).

“Saya juga mengucapkan selamat hari Pramuka yang ke-58, semoga jiwa gerakan Pramuka tetap semangat, selalu produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya, dan selalu menjadi generasi muda yang terdepan dalam menjaga NKRI yang kita cintai ini,” kata Sekda dalam amanatnya.

Dikatakan Sekda, peringatan Hari Pramuka yang ke-58 tahun 2019 ini juga akan diramaikan dengan kegiatan bakti masyarakat yang bertema “Pramuka Bersih Negeri”. Dimana kegiatan ini meliputi aksi donor darah, penetapan bulan Agustus sebagai bulan bakti Pramuka dengan melaksanakan kegiatan bakti diantaranya pencetusan komitmen gerakan Pramuka untuk mengurangi sampah plastik. Dimana aksi bersih sampah plastik, aksi bersih pantai, laut, sungai, penghijauan, dan lain-lain. Juga sebagai anak muda kalian haruslah bisa berkarya dengan cara mengisi hal-hal yang positif dalam kehidupan.

“Saya berpesan kepada segenap anggota gerakan Pramuka di sini teruslah berkreasi, berkarya dalam wadah gerakan Pramuka. Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif dan produktif,” ujarnya.

Lanjut Sekda, ia juga meminta agar baju Pramuka tidak hanya dipakai saat upacara peringatan hari Pramuka. Tanda-tanda Pramuka yang menjadi kebanggaan Indonesia seharusnya digaungkan dalam kegiatan kepramukaan yang terus berkelanjutan. Sebab tujuan dari kegiatan Pramuka itu sendiri sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda, generasi milenial ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan Pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat.

“Saya mengimbau dan mengajak seluruh sekolah dan instansi terkait agar kembali mengaktifkan gerakan Pramuka dan mendorong anak-anak kita bergabung dalam gerakan Pramuka,” harapnya.

Ditambahkannya, Pramuka dianggap sebagai wadah yang membentuk pribadi anak bangsa yang kompetitif. Tak hanya itu, Pramuka juga bisa memberi solusi atas persoalan yang dihadapi masyarakat. Juga gerakan Pramuka harus dapat diterima sebagai institusi yang menyelenggarakan pendidikan bela negara.

“Saya yakin generasi muda Indonesia adalah generasi yang unggul, generasi yang unggul dan juga genersi petarung bukan generasi pecundang,” tutupnya. (618)