Pramuka Harus Aktif & Kreatif

UPACARA Bupati Kaur Gusril Fauzi saat memimpin upacara dan dilanjutkan menyalami para peserta upacara dan foto bersama dilapangan Merdeka Kota Bintuhan, Selasa (148 (1)
IRUL/Bengkulu Ekspress
UPACARA: Bupati Kaur Gusril Pausi saat memimpin upacara dan dilanjutkan menyalami para peserta upacara dan foto bersama di lapangan Merdeka Kota Bintuhan, Selasa (14/8).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Bupati Kaur Gusril Pausi SSos memimpin upacara pada puncak peringatan Hari Pramuka ke-57 tahun 2018 di lapangan Merdeka Kota Bintuhan, Selasa (14/8). Dalam sambutanya bupati mendorong para anggota Pramuka harus lebih aktif, produktif dan kreatif.

“Dihari Pramuka yang ke-57 ini saya berharap jiwa gerakan Pramuka tetap semangat, selalu produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya. Juga selalu menjadi generasi muda yang terdepan dalam menjaga NKRI,” kata bupati.

Dikatakan bupati, gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan diluar ruangan akan terus memperkuat NKRI. Sebab sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi perekat NKRI. Karena itu, Pramuka harus bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah.

Juga kita harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan Pramuka sebagai pedoman bersikap dan berperilaku. Gerakan Pramuka ini juga harus menjadi teladan dan contoh bagi perubahan mentalitas bangsa.
“Saya optimis dan percaya bahwa perkemahan adalah metode yang efektif untuk menyatukan anak-anak muda. Sebab di bumi perkemahan, segala perbedaan menjadi kekuatan,” terangnya.



Selanjutnya bupati meminta agar baju Pramuka tidak hanya dipakai saat upacara peringatan hari Pramuka. Tanda-tanda Pramuka yang menjadi kebanggaan Indonesia seharusnya digaungkan dalam kegiatan ke-Pramukaan yang terus berkelanjutan. Sebab tujuan dari kegiatan Pramuka itu sendiri sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda, generasi milenial ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan Pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat.

“Untuk itu saya mengimbau dan mengajak seluruh sekolah dan instansi terkait agar kembali mengaktifkan gerakan Pramuka dan mendorong anak-anak kita bergabung dalam gerakan Pramuka,” harapnya.

Ditambahkannya, Pramuka dianggap sebagai wadah yang membentuk pribadi anak bangsa yang kompetitif. Tak hanya itu, Pramuka juga bisa memberi solusi atas persoalan yang dihadapi masyarakat. Juga gerakan Pramuka harus dapat diterima sebagai institusi yang menyelenggarakan pendidikan bela negara.

“Saya juga berpesan kepada segenap anggota gerakan Pramuka, teruslah berkreasi, berkarya dalam wadah gerakan Pramuka. Karena saya yakin generasi muda Indonesia adalah generasi yang unggul dan juga generasi petarung bukan generasi pecundang,” tutupnya. (618)