Prajabatan 176 CPNS Digelar

TAIS, Bengkulu Ekspress – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Seluma, pada Mei mendatang, menggelar prajabatan bagi sebanyak 176 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diangkat pada 2017. Dengan rincian peserta prajabatan 118 orang, tenaga penyuluh sebanyak 13 orang, serta dari guru garis depan sebanyak 46 orang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPSDM Seluma Ikhwan SSos didampingi Kabid Formasi dan Pengembangan Karis PNS Elian Suandi MSi saat diwawancarai BE mengatakan, “Anggaran sudah tersedia untuk prajabatan ini sebesar Rp 395 juta. Usulan, prajabatan juga sudah disampaikan ke Diklat Provinsi Bengkulu dan rapat bersama membahas ini.”

Pelaksanaan prajabatan bagi seluruh CPNS di lingkungan Pemkab Seluma diselenggarakan di Badan Diklat Provinsi Bengkulu. Semua kebutuhan anggarannya ditanggung anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Seluma yang sudah dianggarkan dalam APBD 2018.
Lebih lanjut, Elian mengatakan, waktu pelaksanaan prajabatan bisa dilakukan dalam masa satu tahun selama menjadi CPNS. Kemudian mereka bisa diangkat menjadi PNS penuh 100 persen. Jika memang dinyatakan lulus saat pelaksanaan prajabatan yang diselenggarakan.

“Jadi selama masih CPNS dalam setahun itu boleh mengikuti prajabatan. Agar mereka bisa diangkat menjadi PNS penuh,” ujarnya.

Bukan hanya prajabatan CPNS yang dianggarkan dalam APBD. Pelatihan kepemimpinan (PIM) III dan PIM IV juga selama ini biaya yang dibutuhkan ditanggung oleh APBD Seluma. (333)