Prabowo-Sandi Menang di 10 Kecamatan

ARY/Bengkulu EkspressSaksi dari Parpol saat menandatangani berita acara hasil pleno tingkat KPU Rejang Lebong. Dari pleno tersebut khusus untuk Pilpres diketahui pasangan nomor urut 02 menang di 10 dari 15 kecamatan yang ada di Rejang Lebong.

CURUP, Bengkulu Ekspress– Dalam Pemilu serentak di Kabupaten Rejang Lebong pada 17 April lalu, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh suara terbanyak di Kabupaten Rejang Lebong. Dimana keduanya unggul di 10 kecamatan sedangkan pasangan pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul di 5 kecamatan.

Capres dan Cawapres nomor urut dua diketahui menang di Kabupaten Rejang Lebong setelah KPU Rejang Lebong menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pileg dan Pilpres di KPU Rejang Lebong yang dilaksanakan di aula KPU Rejang Lebong dari Senin (29/4) hingga Selasa (30/4). Dari pleno yang dilaksanakan KPU Rejang Lebong tersebut diketahui, pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 02 memperoleh sebanyak 90.540 suara sedangkan untuk pasangan nomor urut 01 mendapatkan 69.543 suara.

“Dari pleno rekapitulasi hasil Pileg dan Pilpres tingkat Kabupaten Rejang Lebong, khusus untuk Pilpres, pasangan nomor urut 01 meraih 69.543 suara sedangkan pasangan nomor urut 02 meraih 90.540 suara,” sampai Ketua KPU Rejang Lebong Drs Restu S Wibowo usai pleno pada Selasa malam.

Dari rapat pleno yang dilakukan di KPU Rejang Lebong tersebut, diketahui pasangan nomor urut 02 unggul di Kecamatan Curup, Curup Utara, Curup Selatan, Curup Timur, Curup Tengah, Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir, Binduriang dan Padang Ulak Tanding serta Kota Padang.

Sedangkan pasangan nomor urut 01 unggul di Kecamatan Bermani Ulu, Bermani Ulu Raya, Sindang Dataran, Selupu Rejang Lebong Sindang Kelingi.Dalam kesempatan tersebut, Restu juga mengungkapkan bahwa, pada Pemilu serentak 17 April kemarin jumlah pemilih yang terdaftar di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 209.198 orang dengan rincian yang terdaftar di DPT sebanyak 203.336 orang, kemudian di DPTb sebanyak 644 orang serta DPK sebanyak 5.218 orang.

Dari rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU Rejang Lebong dan jajarannya diketahui surat suara sah sebanyak 160.083 lembar sedangkan suara tidak sah sebanyak 4.658 lembar. “setelah selesainya pleno ditingkat kabupaten ini, kemudian tahapan selanjutnya pleno ditingkat provinsi, dimana logistik untuk pleno ditingkat provinsi akan langsung kita kirim besok (rabu) pagi ke Bengkulu,” sampai Restu.

Terkait dengan pelaksanaan rapat pleno rakpitulasi tingkat Kabupaten Rejang Lebong sendiri, Restu mengaku tidak ada kendala yang berarti sehingga pelaksanaan pleno tingkat Kabupaten Rejang Lebong berjalan lancar. Menurut Restu kendala yang mereka temukan salah satunya terkait dengan adanya sedikit perbedaan pada statistik Pemilu, namun menurutnya semua tersebut sudah diselesaikan dan tidak ada yang keberatan. “Alhamdulillah rapat pleno tingkat kabupaten berjalan lancar, tadi sempat ada kendala sedikit distatistik, namun semuanya sudah kita perbaiki dan sudah disepakati,” demikian Restu.(251)