PPS Dibimtek Pungut Hitung Suara

Komisioner KPu Benteng, Haidir
Bakti/Bengkulu Ekspress
BIMTEK : Ketua dan anggota PPS se-Kabupaten Benteng saat mengikuti Bimtek tata cara pemungutan dan perhitungan perolehan suara pemilu 17 April 2019, Kamis (13/3).

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) melakukan bimbingan teknis (Bimtek) kepada seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS). Kegiatan bimtek difokuskan tentang tata cara pemungutan dan perhitungan suara Pemilu, 17 April nanti.

“PPS memiliki peran penting dalam proses pemungutan serta perhitungan suara. Sebab itulah, kami menggelar bimtek khusus terhadap seluruh ketua dan anggota PPS se-Kabupaten Bengkulu tengah,” jelas Komisioner KPU Kabupaten Bengkulu tengah, Haidir SP, kemarin.

Menurut Haidir, PPS wajib mengetahui tentang teknis serta ketentuan dalam pemungutan suara. Sesuai dengan aturan, proses pemungutan suara atau mencoblos sudah bisa dilakukan pada pukul 07.00 WIB di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) pada 17 April tersebut, dan ditutup pada pukul 13.00 WIB.

Setelah proses pemungutan suara berakhir, PPS akan melanjutkan pekerjaan berat berupa perhitungan hasil perolehan suara dari 5 jenis surat suara yakni suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, DPR Provinsi Bengkulu serta spemilihan anggota DPRD Kabupaten Benteng.

“Sesuai dengan PKPU, perhitungan surat suara juga telah diatur secara jelas. Sesuai ketentuan, suara yang pertama kali dihitung adalah surat suara calon Presiden dan Wakil Presiden. Selanjutnya, menyusul surat suara anggota DPD RI, DPR RI, DPR provinsi serta surat suara anggota DPRD kabupaten,” paparnya.



PPS dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hanya diberikan beban untuk mengisi formulir atau blangko hasil perhitungan suara asli yang berhologram. Sedangkan, form dan blangko yang diperuntukan bagi saksi dan anggota Panwaslu cukup hanya dengan hasil print yang disediakan oleh PPS. “Ditargetkan proses perhitungan surat suarat di 375 TPS se-Kabupaten Benteng sudah tuntas pada pukul 24.00 WIB,” demikian Haidir.

Pantauan Bengkulu Ekspress, Bimtek yang digelar di Aula Riung Gunung, Desa Nakau,Kecamatan Talang Empat ini dilakukan bertahap Banyaknya anggota PPS, membuat KPU membagi bimtek menjadi 2 kelompok.

Yakni, 5 kecamatan pada hari Rabu (13/3) dan 5 kecamatan lagi Kamis (14/3) hari ini. Terpisah, pendistribusian logistik juga berlangsung lancar. Surat suara tiba di gudang logsitik milik KPU Kabupaten Benteng sekitar pukul 12.00 WIB, Rabu (13/3).(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*