PPL Harus Sering ke Lapangan

Kepala BP4k Riskan Efendi SE
Riskan Efendi

BINTUHAN, BE – Petugas Penyuluhan Lapangan (PPL) Pertanian, Kabupaten Kaur diminta lebih proaktif untuk mencari tahu persoalan di lapangan. Juga harus sering-sering turun ke lapangan meninjau petani di wilayah Kabupaten Kaur ini.

“Saya selalu ingatkan kepada petugas PPL untuk selalu turun ke lapangan, untuk membantu para petani sekitar. Karena masih banyak petani kebingungan untuk bertanya,” kata Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Kaur A Riskan Efendi SH, Kamis (25/8) kemarin.

Dikatakan Riskan, secara teknis setiap PPL memiliki kemampuan. Hanya saja, implementasi lapangan harus diterapkan langsung pada petani atau kelompok tani. Kepada para penyuluh agar sering memberikan teknik dan masukan kepada petani, agar produksi padi membuahkan hasil lebih baik kedepannya. Seperti cara membasmi hama, mengatur musim tanam yang serentak, memberikan bibit padi dan cukup dari pihak Dinas Pertanian.

“PPL bukan hanya membimbing menanam atau hama dan sebagainya. Setidaknya PPL bisa memberi tahu beli pupuk di sini dan bibit di sini,” ujarnya.

Ditambahkanya, para PPL harus mendekatkan diri kepada petani. Sehingga setiap petani perlu bantuan, PPL dapat mencarikan jalan keluar permasalahan tersebut. Juga PPL diminta memiliki data jumlah petani dan kelompok tani. Sehingga berdasarkan data tersebut, PPL dapat menjadwalkan pertemuan rutin.

“Dengan adanya data ini, PPL ini bisa datang langsung dan diskusi. Sehingga petani tidak susah bertanya, karena PPL ini adalah perpanjangan Pemda Kaur,” pungkasnya. (618)