PPL Diminta Kerja Maksimal

=foto: Nasrul Rahman=

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) diminta bekerja lebih maksimal dalam melakukan penyuluhan di lapangan di masing-masing wilayah kerja terutama pada musim tanam tahun ini. Karena keberadaan penyuluh sangat diharapkan oleh para petani Kaur. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kaur, Nasrul Rahman S Hut M Si saat melakukan evaluasi kinerja PPL beberapa hari lalu.

“Jadi ilmu dari para penyuluh pertanian sangat diharapkan oleh para petani, bagaimana mengolah tanah pertanian yang baik dan apa-apa dulu sebaiknya ditabur setelah pengolahan tanah,” terangnya.

Dikatakannya, PPL sebagai ujung tombak keberhasilan hasil produksi pertanian dan penyuluh sebagai penyampai kebijakan dan peraturan-peraturan yang menyangkut kebijakan dan peraturan bidang pertanian. PPL juga sebagai organisator yang selalu menumbuhkan dan mengembangkan kelompok tani agar mampu berfungsi sebagai, wahana kerjasama dan sebagai unit produksi, sehingga diminta semakin aktif di lapangan.



“Alangkah bagusnya mereka sering-sering ke sawah memantau para petani menanam padi atau ketika padi sudah mulai berkembang, dan jangan hanya duduk sesekali memantau saja,” terangnya.

Ditambahkannya, saat ini jumlah PPL di Kaur ini ada 95 orang tersebar di 15 Kecamatan Kabupaten Kaur. Ia meminta kepada PPL agar semakin aktif menyampaikan setiap permasalahan yang terjadi dilapangan, baik dalam peningkatan produksi pertanian hingga masalah yang berdampak pada hasil produksi pertanian.

“Kita yakin dengan aktifnya memberikan informasi dan penyuluhan kepada petani kedepan produksi pertanian di Kaur ini semakin lebih baik sesuai harapan kita semua, karena untuk bantuan alsintan sudah kita salurkan,” tandasnya. (618)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*