PPKM di Rejang Lebong Mampu Turunkan Kasus Covid-19

juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir SKM MKM

 

CURUP,bengkuluekspress.com– Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong mampu menurunkan kasus Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong. Hal tersebut disampaikan juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir SKM MKM.
“Dari data yang kita miliki, kebijakan PPKM yang kita laksanakan dalam beberapa waktu terakhir mampu menurunkan kasus Covid-19 di Rejang Lebong ini,” terang Syamsir saat dikonfirmasi Senin (23/8).

Dijelaskan Syamsir, PPKM mampu menurunkan kasus Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong terlihat dari kasus positif dari setiap pemeriksaan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong.Dimana menurut Syamsir untuk hasil pemeriksaan swab antigen sendiri saat ini persentasenya hasil positifnya hanya sekitar 11 persen dari total sampel yang diperiksa. Angka tersebut menurut Syamsir menurun drastis bila dibandingkan dengan sebelum PPKM, karena persentase hasil positif dari pemeriksaan swab antigen yang mereka lalukan sebelum PPKM mencapai 80 persen bahkan lebih.
“Begitu juga dengan swab PCR, sebelum PPKM persentase yang positifnya mencapai 60 persen, saat ini sudah diangka 40 persen,” tambah Syamsir.

Syamsir berharap kasus Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong terus mengalami penurunan sampai Rejang Lebong benar-benar bebas dari Covid-19. Kemudian terkait dengan apakah PPKM akan kembali dilanjutkan atau tidak, menurut Syamsir Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan menunggu intruksi dari pemerintah pusat terlebih dahulu apakah akan kembali dilanjutkan atau ada kebijakan lain dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.
“agar kasus Covid-19 ini terus turun, kami himbau masyarakat untuk terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,” pesan Syamsir.

Disisi lain, untuk perkembangan Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong sendiri, pada Senin kemarin menurut Syamsir tidak ada penambahan kasus baru baik kasus positif maupun kasus meninggal dunia.
“Hari ini tidak ada penambahan kasus baru dan meninggal dunia yang ada justru kasus sembuh sebanyak 45 kasus,” terang Syamsir.

Untuk perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong sendiri, total kasus positif Covid-19 di Rejang Lebong sejak pertama kali ditemukan hingga Senin kemarin sebanyak 3.360 kasus, kemudian kasus sembuh sebanyak 3.158 kasus. Kemudian kasus meninggal dunia sebanyak 68 kasus dan yang masih positif Covid-19 sebanyak 134 kasus.(251)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*