PPK Serentak Gelar Pleno

BINTUHAN,BE-Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) pada 15  kecamatan se-Kabupaten Kaur secara serentak menggelar rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu Presiden 2014 pada Minggu (13/7). “Sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU), rapat pleno akan dilaksanakan empat hari setelah pencoblosan,”kata Ketua KPU Kaur Sirajjudin Aksa, M,TPd kemarin.
Dikatakan Siraj,  rekapitulasi hasil suara sudah dilakukan di tingkat KPPS dan PPS dari sejak pencoblosan. Masing-masing di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Kaur melakukan rapat pleno rekapitulasi hasil suara secara serentak. “Pleno ini digelar secara serentak oleh masing-masing PPK yang ada di 15 Kecamatan  menyebar di wilayah Kaur ini,”ujarnya.
Lebih Lanjut Siraj mengatakan, setelah rapat pleno dilakukan, PPK wajib mengembalikan kotak suara dan akan dikawal oleh petugas kepolisian.
Selain itu juga beberapa petugas pengawas lapangan diturunkan untuk mengawal jalannya pleno penghitungan suara di tingkat kecamatan. “Diprediksikan pleno akan rampung satu hari dan khususnya di wilayah tergolong rawan akan dipantau oleh KPU secara fokus,”terangnya.
Ditambahkan Siraj, setelah dilakukan Pleno di tingkat Kecamatan,  dan setelah itu dilaksanakan pleno tingkat kabupaten. Selanjutnya akan dilaksanakan pleno di tingkat provinsi akan dilaksanakan pada kurun waktu tanggal 19-20 Juli nanti.
“Harapan kita  tidak ada permasalahan di lapangan sehingga proses Pilpres ini bisa berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,”ujarnya.
Selain itu, ia juga berharap kepada seluruh penyelenggara pemilu jika menemukan kendala di tingkat bawah agar segera melakukan koordinasi dengan tingkatan di atasnya.  “Mudah-mudahan dalam pelaksaan pilpres ini cepat selesai. Sebab  semakin cepat pleno dilaksanakan akan semakin baik untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,”jelasnya.(618)