PPK Jalani Tes Wawancara

IMG_9668CURUP, BE – Tahapan seleksi penerimaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terus berjalan.  Kamis (28/2) calon penyelenggara Pemilu tingkat kecamatan menjalani seleksi wawancara langsung, dengan para anggota KPU Kabupaten Rejang Lebong.  “Tes wawancara hari ini (kemarin) merupakan hari terakhir.  Hanya tinggal menunggu pengumumannya saja, paling lambat tanggal 5 Maret mendatang akan kita umumkan,” kata Sekretaris KPU RL Aquarius S.Ip kepada wartawan.

Meski tahapan tes wawancara telah selesai, peserta calon PPK masih akan dilakukan rekam jejak atau penyelusuran keterkaitan calon anggota PPK pada salah satu Partai Politik yang akan maju dalam Pileg 2014 mendatang, serta rekam jejak untuk menghindari adanya calon anggota PPK yang pernah pidana ancaman lebih dari 5 tahun penjara.

“Ada tahapan rekam jejak calon PPK, misal ada salah satu calon PPK kita ada tercatat sebagai anggota salah satu Parpol, jelas akan kita coret, termasuk kalau ada yang terbukti telah dipidana lebih dari 5 tahun penjara akan ikut dicoret,” jelas Aguarius.

Terkait 3 orang calon PPK yang dilaporkan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Keadilan ke Panwaslu, dianggap tidak layak sebagai anggota PPK, Aquarius mengaku hal itu akan ditindaklanjuti pada rekam jejak nanti.  Jika memang benar terbukti, tidak hanya sebatas isu belaka, jelas akan dicoret.

Sebelumnya, LBH Keadilan, mempermasalahkan 3 nama calon PPK diantraanya JA calon PPK Kecamatan Sindang Kelingi karena pernah terjerat kasus Togel dan AR calon PPK Kecamatan Bermani Ulu Raya pernah terlibat kasus penggelembungan suara yang pernah di proses pada Gakumdu. Dan salah satu mantan PPK Curup Timur yaitu Yn yang kini kembali menjadi calon PPK Curup Timur, yang diduga tidak memiliki ijazah SMA, namun hanya memiliki surat keterangan ijazah hilang dari kepolisian. (999)