PPK dan PPS Dilarang Berselfie

Ketua KPU Rejang Lebong saat melantik anggota PPK dan PPS Rejang Lebong pada Selasa (6/3) kemarin.  Dalam kesempatan tersebut Halid mengingatkan agar anggota PPK dan PPS untuk tidak berfoto dengan peserta Pemilu.
Ketua KPU Rejang Lebong saat melantik anggota PPK dan PPS Rejang Lebong pada Selasa (6/3) kemarin. Dalam kesempatan tersebut Halid mengingatkan agar anggota PPK dan PPS untuk tidak berfoto dengan peserta Pemilu.

CURUP, BENGKULU EKSPRESS – Ketua KPU Rejang Lebong, Halid Saifullah SH MH, mengingatkan penyelenggaran Pemilu di Rejang Lebong untuk tak berselfie atau swafoto dengan peserta Pemilu. Hal tersebut disampaikan Halid saat pelantikan PPK dan PPS Kabupaten Rejang Lebong Selasa (6/3) kemarin.

“Saya ingatkan kepada seluruh penyelenggaran Pemilu, mulai dari PPK dan PPS untuk tidak Selfie dengan peserta Pemilu, baik calon maupun pengurus Parpol,” pinta Halid.

Terlebih lagi menurut Halid, bila hasil Selfie tersebut diunggah ke akun media sosial penyelenggaran Pemilu. Larangan tersebut, menurut Halid tak lain untuk menjaga kepercayaan dan independensi dari penyelenggaran Pemilu itu sendiri.

Karena bila ada penyelanggaran Pemilu yang berselfie atau berfoto bersama dengan peserta Pemilu dikhawatirkan akan menimbulkan kecurigaan berbagai kalangan, oleh karena itu untuk mencegah adanya kecurigaan tersebut, Halid meminta agar penyelenggara Pemilu di Rejang Lebong untuk tidak berselfi dengan peserta Pemilu.

“Meskipun kita tidak ada niat apa-apa, namun jangan sampai orang berpikir kita berpihak dengan partai atau calon tertentu karena kita foto dengan mereka, terlebih lagi foto tersebut nanti diunggah di media sosial,” tegas Halid.

Kemudian menurut Halid, dengan tidak berfoto atau berselfie dengan peserta Pemilu, maka penyelenggara Pemilu memiliki integritas dalam melaksanakan Pemilu serentak yang akan dilaksanakan dpada tahun 2019 mendatang.

Sementara itu, Wakil Bupati Rejang Lebong, H Iqbal Bastari SPd MM, dalam sambutannya meminta kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) agar bisa memahami aturan yang ada sehingga mereka bisa melaksanakan tugas mereka dengan baik.

“Saya harap PPK dan PPS bisa memahami aturan mengenai Pemilu dalam menjalankan tugasnya,” harap Wabup.

Dalam menjelaskan tugasnya, Wabup juga berharap agar PPK dan PPS tetap menjaga independensi mereka sebagai penyelenggara Pemilu. Karena dalam menjalankan tugasnya mereka akan bersentuhan dengan keluarga mereka, jadi baik PPK maupun PPS harus bisa menepatkan diri, jangan sampai nanti PPK dan PPS dinilai berpihak pada satu calon atau lainnya.

“Untuk sementara, lupakan dulu anak, menantu, keponakan. Pada hakekatnya kalau melihat itu, dikhawatirkan akan terkontaminasi dan menjadi masalah. Kedepankan persatuan dan tanggung jawab sebagai penyelenggara Pemilu,” harap Wabup.

Kegiatan pelantikan PPK dan PPS tingkat Kabupaten Rejang Lebong dilaksanakan di aula STAIN Curup pada Selasa (6/3) kemarin. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua KPU Rejang Lebong Halid Saifullah dan dihadiri oleh 4 komisioner KPU Rejang Lebong lainnya. (251)