PPHB Sayangkan Tak Ada Buru Babi Massal

TUBEI,BE – Ketua Persatuan Pemberantasan Hama Babi (PPHB) Kabupaten Lebong Drs Aswan MSi menyayangkan tidak ada program perburuan massal hama babi hutan di Lebong tahun ini lantaran tiada anggaran. Padahal tiap tahunnya kegiatan tersebut rutin dilakukan.

“Kegiatan berburu massal ini sangat banyak manfaatnya seperti mengurangi hama babi yang selama ini merusak tanaman para petani,” jelas Aswan.

Meskipun tidak adanya anggaran pihaknya tetap menggelar perburuan babi. Kegiatan itu digelar setiap minggunya bersama kelompok-kelompok perberantasan Hama Babi di masing-masing kecamatan.

“Seperti pada minggu lalu kita melakukan perburuan di Desa Ujung Tanjung II dan mendapatkan babi sebanyak 8 ekor. Nah minggu ini kita akan melakukan perburuan di kecamatan Lainnya,” kata Aswan.

Diketahui, pada tahun 2011 lalu, PPHB Kabupaten Lebong bersama Dinas Pertanian melakukan kegiatan perburuan massal yang dilaksanakan di Kecamatan Lebong Atas dan Kecamatan Rimbo Pengadang. “Saat berburu massal dulu, Bupati, Wakil Bupati Lebong dan para Pejabat juga ikut dalam kegiatan buru babi tersebut,” pungkas Aswan.(*)