PPDB SMA/SMK Belum Jelas

BENGKULU, bengkuluekspress.com- Jadwal Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK akan digelar akhir Juni. Namun hingga saat ini petunjuk teknis (Juknis) belum juga keluar. Jika PPDB SMK digelar mulai tanggal 22 Juni dan SMA pada 25 Juni 2020, maka waktu PPDB hanya menyisakan waktu 13 hari kedepan. Mirisnya Peraturan gubernur terkait PPDB pun masih diusulkan.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Bengkulu, Drs Eri Yulian Hidayat MPd enggan berkomentar, ia menyerahkan sepenuhnya pada panitia PPDB yang telah dibentuk.

“Silahkan langsung ke panitia saja,” elaknya pada BE.

Sementara itu wakil ketua PPDB SMA/SMK, Drs Buslan saat ditemui BE tak menampik belum keluarnya Pergub dan Juknis PPDB tahun ajaran 2020/2021.

“Tinggal menunggu saja dan selanjutnya segera disosialisasikan ke masyarakat. Saya minta seluruh sekolah dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Walau juknis belum keluar, Disdikbud menegaskan ditengah pandemi covid-19 PPDB tahun ini, PPDB SMA/SMK akan digelar secara online. “Khusus SMK PPDB tidak menggunakan zonasi, peserta cukup dibatasi mendaftar di dua sekolah,” terangnya.

Lalu apa saja persayaratan PPDB, kembali Buslan belum mau membeberkan dengan alasan kawatir jika ada perbedaan dan pergantian Juknis. “Syaratnya apa saja kita tunggu juknis, rencanya hari ini (kemarin) tengah dijemput pak ketua,” pintanya.

Berbagai persiapan PPDB dimasa pandemi covid-19 terlihat jalan di tempat. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu pun belum mengantongi kuota daya tampung peserta didik yang akan diterima tahun ajaran baru ini. “Kuota kita hampir sama dengan tahun lalu, totalnya juga menunggu usulan daya tampung dari satuan pendidikan,” tutupnya. (247)