Poskamling Perlu Dioptimalkan

pos kamplingKEPAHIANG, BE – Keberadaan pos keamanan lingkungan (Poskamling) perlu dioptimalkan dalam menekan tindak kriminal di Kepahiang. Karena keberadaan Poskamling memiliki dampak positif yang signifikan dalam mencegah terjadinya tindak kejahatan di tengah masyarakat. Hal ini seperti disampaikan anggota DPRD Kepahiang, H Bambang Purnomo ST.

“Adanya Poskamling memiliki dampak yang signifikan, khususnya untuk menekan angka kriminalitas. Untuk masyarakat kita baik di Ujan Mas dan Merigi sudah kita himbau untuk mendirikan Poskamling,” ujar politisi asal asal Dapil I Kecamatan Ujan Mas dan Merigi itu.

Dikatakannya, secara tidak langsung Poskamling juga dapat memompa rasa persaudaraan di tengah masyarakat. Karena poskamling sendiri bisa dijadikan wadah bagi warga untuk bersilaturahmi dengan adanya jadwal ronda malam yang diberikan. “Adanya poskamling juga bisa menyatukan warga. Sehingga Poskamling sangat perlu digalakkan,” katanya.

Hal senada disampaikan Kapolres Kepahiang, AKBP Sudarno SH MH. Dikatakannya, dirinya Poskamling tersebut memang sudah seharusnya digalakkan di tengah masyarakat Kepahiang saat ini. Ini mengingat selama ini banyak terjadi aksi kejahatan di tengah masyarakat. Bahkan menurutnya setiap RW harusnya memiliki poskamling.

“Kalau sudah ada Poskamling, maka pos itu jangan sekadar untuk nongkrong saja. Apalagi mabuk-mabukan atau judi, Poskamling seperti itu tidak perlu ada. Poskamling memiliki nilai historis dan filosofi kegotong-royongan. Oleh karena itu keberadaannya perlu terus dioptimalkan,” ujarnya.(505)