Porwil Bakal Tingkatkan Hunian Hotel Bengkulu

BENGKULU, BE – Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) ke X se-Sumatera yang akan dilaksanakan di Bengkulu pada November mendatang diperkirakan akan meningkatkan angka hunian hotel di Bengkulu. Pasalnya lebih dari ribuan atlet dari berbagai Provinsi di Sumatera akan datang dan mensukseskan kegiatan tersebut.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu, Dyah Anugrah Kuswardani MA mengatakan, pelaksanaan Porwil di Bengkulu diprediksi akan membuat seluruh kamar hotel habis dipesan oleh peserta dan supporter dari luar provinsi Bengkulu. Karena kabarnya lebih dari seribu orang akan menginap di Bumi Rafflesia selama pelaksanaan Porwil berlangsung. “Saya perkirakan jumlah orang yang datang dari luar Provinsi dan menginap di hotel pada pelaksanaan Porwil akan cukup banyak, jadi hotel harus mempersiapkan hal itu,” kata Dyah, kemarin (7/7).



Bahkan pada Mei 2019 lalu saja, BPS mencatat tingkat hunian kamar (TPK) hotel di Bengkulu mencapai 50,52 persen. Angka tersebut secara langsung menempatkan provinsi ini berada diurutan pertama dengan TPK tertinggi di Sumatera. Ini membuktikan, antusias para pendatang yang menginap di Hotel cukup tinggi meskipun tidak ada penyelenggaraan event besar.

“Kalau ada Porwil, jelas tingkat huniannya pasti akan tinggi, untuk itu mari kita sukseskan event olahraga terbesar di Sumatera ini,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu, Atisar Sulaiman SAg MM mengatakan, kepada seluruh pengusaha hotel di Bengkulu bisa ikut serta dalam mensukseskan Porwil di Provinsi Bengkulu. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu mempersiapkan penginapan khusus peserta Porwil ini nantinya.

“Pesertanya nanti yang datang ke Bengkulu banyak, kita berharap hotel di Bengkulu bisa menyediakan penginapan yang berkualitas dan dilayani dengan baik,” kata Atisar.

Disisi lain, Ketua PHRI Provinsi Bengkulu, Sony Adnan mengaku, siap mensukseskan kegiatan Porwil di Bengkulu, bahkan beberapa hotel telah memasang spanduk bukti mereka berkomitmen dalam memberikan dukungan. Selain itu, pihaknya juga berharap Pemerintah bisa terus mendorong berbagai event besar skala regional maupun nasional bisa diselenggarakan di Bengkulu. Sehingga mampu mendongkrak jumlah wisatawan yang berkunjung ke daerah.

“Kita berharap banyak event bisa diselenggarakan di Bengkulu, sehingga bisa membuat industri perhotelan semakin tumbuh dan berkembang,” tutupnya.(999)