Populasi Anjing Liar Mengkhawatirkan

KaurBINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Populasi anjing liar di Kabupaten Kaur makin mengkhawatirkan dalam hal penyebaran penyakit, khususnya rabies. Sebab Dinas Pertanian (Dispertan) Kaur mencatat, jumlah populasi anjing saat ini mencapai 11 ribu lebih, dan ini adalah yang terbanyak dibanding dari tahun-tahun sebelumnya.

“Jumlah anjing di Kaur ini pertahunnya mengalami peningkatan, dari tahun sebelumnya,” kata Plt Kepala Dispertan Kaur, Nasrur Rahman SHut melalui Kabid Peternakan, Didi Yanipi SHut, belum lama ini.

Didi mengatakan, jumlah 11 ribu ekor lebih di 195 desa yang tersebar di 15 kecamatan Kabupaten Kaur itu, rata-rata setiap rumah memiliki 1-4 ekor anjing. Hal ini jelas menjadi kewaspadaan masyarakat untuk menyikapinya. Meski saat ini kasus rabies di Kaur belum terjadi. Pihaknya tetap meminta masyarakat untuk mewaspadai kontak langsung dengan penular rabies ini.

“Potensi masyarakat digigit anjing yang masih rabies di Kaur besar. Makanya, kami mengimbau semua masyarakat yang memelihara anjing untuk memvaksinasi hewan peliharaannya,” ujarnya.

Ditambahkannya, diminta kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyebaran rabies. Apalagi, populasi anjing di Kaur mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Juga untuk menanggulangi penyebaran virus rabies, pihaknya mengintensifkan vaksinasi kepada anjing-anjing rumah. Selain itu pihaknya juga akan melakukan eliminasi kepada anjing liar.

“Vaknisasi juga masih diintensifkan dengan memksimalkan tim dokter hewan yang membantu di lapangan,” tandasnya.(618)