Popok Kain Makin Diinca Kaum Ibu

Popok KainJAKARTA,BE– Bisnis perlengkapan bayi memiliki prospek yang cerah. Kuncinya tak hanya menampilkan produk berkualitas, tetapi juga aman dan nyaman digunakan oleh bayi. Ibu dan anak senang, laba yang diraih pelaku usaha pun terus mengembang.
Pemain lain yang membuat perlengkapan bayi inovatif adalah Rona Himma Ilmiyati. Inspirasi Rona terjun ke bisnis ini karena dia merasa resah dengan popok bayi sekali pakai yang saat ini mendominasi pasar. Selain harganya cukup mahal, dia juga popok tersebut tak ramah lingkungan.
Rona terpikir untuk membuat popok kain (cloth diaper) yang bisa digunakan berulang kali. Rona mengaku produk popok kain memang sudah banyak ditemukan di pasar. Namun, dia merasa belum puas dengan bahan yang digunakan.
Berbekal pengetahuan tentang kain, Sarjana Tekstil dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta ini melakukan riset untuk membuat popok kain berkualitas pada akhir 2012.
“Riset yang saya lakukan terdiri dari berbagai aspek, antara lain bahan, bentuk, dan jahitan. Tujuannya agar air pipis tak tembus dan kulit bayi tak iritasi. Kebetulan saya punya anak bayi, jadi bisa langsung dicoba. Saya perhatikan betul apakah anak saya merasa nyaman atau tidak,” ujar Rona.
Setelah enam bulan menjalankan riset, Rona akhirnya mendapatkan bentuk dan bahan yang pas untuk popok kain buatannya. Dia menamakan produknya Minikinizz. Rona menggunakan kain minky untuk lapisan luar. Kain yang termasuk jenis beludru tersebut terbuat dari microfiber sehingga teksturnya halus dan lembut. Selain itu, untuk lapisan dalam, Rona memilih bahan polyurethane laminate yang bersifat antibocor dan bisa menyerap cairan dengan cepat.
Kendati telah jadi, Rona ternyata mengalami kesulitan untuk memasarkan produknya. “Proses pemasaran Minikinizz penuh perjuangan. Banyak ibu yang merasa ragu dengan popok kain. Makanya, saya terus melakukan sosialisasi kepada calon konsumen. Hal itu masih berlangsung hingga saat ini.”
Seiring waktu berjalan, produk cloth diaper buatan Rona makin dikenal masyarakat. Banyak kaum ibu yang mulai merasakan manfaat popok kain Minikinizz. Karena kebanjiran order, Rona pun menaikkan kapasitas produksinya. Saat ini, jumlah produksi popok tiap bulan menembus 500—800 buah. Jauh berbeda dari awal produksi yang hanya mencapai 20—30 buah popok.
Selain cloth diaper, Rona juga membuat celana latihan pipis (Klodiz Training Pants). Sepintas dua produk ini terlihat sama, tetapi fungsinya berbeda. “Celana latihan pipis ini hanya mampu menampung satu kali pipis. Efek basah yang ditimbulkan akan mengajarkan anak untuk segera merespons. Meskipun anak pipis di celana, airnya tak tercecer di lantai.”. Anda membutuhkan popok kain. Hub/sms 082182697013 (**)