Ponpes Darussalam Kota Bengkulu, Ponpes Klasik yang Berbasis Pendidikan Modern

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pondok pesantren Darussalam Kota Bengkulu merupakan pondok pesantren yang berbasis masyarakat, yang berdiri pada tanggal 01 januari 1975. Pondok yang beralamat di Jalan Jaya Wijaya, Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu ini memiliki 2 pendidikan baik formal maupun informal.

Pendidikan formal seperti PAUD IT Darussalam, madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, dan madrasah aliyah. Sedangkan untuk pendidikan informalnya seperti pembelajaran bahasa arab dan bahasa inggris, kajian kitab, kajian keislaman, nahuu shorof, dan ibadah, kesenian islam, muhadharoh/praktek khitobah, shalat duha, yasinan jumat, tilawah, praktek ibadah (shalat, wirid, dan doa), TPQ, dan tahsin Qur’an, pramuka, paskibra, dan olahraga (volly ball, futsal, basket, dan lain-lain).

Sistem pembelajaran di Pondok Pesantren Darussalam Kota Bengkulu berbasis klasik dimana pada pukul 07:30 WIB sampai 13:00 WIB merupakan pembelajaran pendidikan formal. Setelah itu, dilanjutkan pendidikan informal mulai pukul 16:00 WIB sampai 22:00 WIB. Pondok pesantren Darussalam memiliki visi dan misi seperti menjadi pusat keilmuwan dan kajian keislaman dalam sekala daerah dan nasional, menjadi pusat pendidikan dan dakwah islamiyah mendidik generasi muda/santri yang alim (orang yang memiliki keilmuwan) dan ‘abid (orang yang gemar beribadah), dan menjadi laboratorium sosial dalam pengembangan kemasyarakatan.

“Saat ini pesantren telah memiliki undang-undang, yakni UU No. 18 tahun 2019. Artinya ijazah-ijazah yang notabene pesantren tetap bisa diterima oleh dunia kerja dan setara dengan sekolah negeri lainnya,” ujar pimpinan ponpes Darussalam Kota Bengkulu Dr.Rahmat Ramdhani, M.Sos.I,saat ditemui BE, Selasa (04/01).

Adapun fasilitas penunjang pendidikan di Ponpes Darussalam seperti 2 unit asrama permanen putra dan putri, gedung sekolah permanen PAUD IT, madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, madrasah aliyah, masjid, perpustakaan, puskesmas, dan sarana olahraga (bola voli, futsal, basket, dan lainnya).

“Untuk itu kita mengimbau, bagi masyarakat yang berkeinginan menyekolahkan anaknya ke pondok pesantren. Kita pesantren Darussalam siap menjadi wadah pendidikan bagi putra dan putri anda. Dengan fasilitas dan tenaga pengajar yang kita miliki, insyaAllah kita bisa menciptakan generasi yang berakhlak mulia serta berwawasan tinggi,” terang Rahmat.

Untuk proses pendaftaran dibuka pada tanggal 01 April 2020, tepatnya di gedung sekretariat kantor yayasan sebelah kanan asrama putra. Adapun syarat pendaftaran seperti mengisi formulir pendaftaran, foto copy akte kelahiran 1 lembar, pas photo 3×4 berwarna 3 lembar, foto copy kartu keluarga 1 rangkap, surat keterangan tidak mampu siswa 1 rangkap, foo copy kartu KPS/PKH/KIP (jika ada) 2 rangkap, dan map plastik berlubang warna merah 2 buah.(MG3)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*