Pondok Kubang Bangun JUT

M Ispindi Said

PONDOK KUBANG, Bengkulu Ekspress – Dana Desa (DD) 2019 digunakan secara optimal bagi Pemerintah Desa Pondok Kubang Kecamatan Pondok Kubang, Bengkulu Tengah (Benteng). Salah satu prioritas pembangunan adalah jalan usaha tani (JUT) yang memang selama ini didamba-dambakan masyarakat.

“DD sudah dikucurkan sejak beberapa tahun lalu. Sejak saat itu pula, pembangunan JUT menjadi skala prioritas,” kata Kepala Desa (Kades) Pondok Kubang, M Ispindi Said SSos.

Dikatakan Ispindi, JUT merupakan prioritas utama dikarenakan Desa Pondok Kubang sebagian besar kawasan perkebunan. Seperti perkunan karet ataupun sawit.



Sebelumnya, petani mengalami kesulitan untuk mengangkut hasil panen dan terpaksa menggunakan kendaraan roda dua yang telah dimodifikasi secara khusus.

“Selama ini, akses jalan menuju perkebunan warga sangat sulit. Hanya ada jalan setapak dan belum ada badan jalan yang bisa dilewati kendaraan roda empat,” kata Ispindi.

Disampaikan dia, keterbatasan anggaran membuat pembangunan infrastruktur jalan perkebunan dilakukan secara bertahap. Ditahun 2019 ini, DD digelontorkan untuk membuka jalan baru sepanjang 2.000 meter di Dusun I dan membuka jalan baru di Dusun 2.

Selain JUT, paparnya, sarana dan prasarana lain juga tak kalah penting. Seperti sumur bor, gedung serbaguna, drainase, gedung Posyandu, saluran pembuangan air limbah (SPAL) hingga pemasangan lampu jalan.

Disisi lain, kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa sosialisasi dan penyertaan modal kepada BUMDes juga dilakukan setiap tahun.”Pembangunan diawali dengan musyawarah. Apa yang dibangun, itulah yang diinginkan oleh masyarakat,” tandasnya.(135)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*