Pondasi Ambruk, Timbun Irigasi Sawah Kemumu Bengkulu Utara

APRIZAL/BE
Tampak para warga saat bergotong royong membersihkan material longsor di irigasi perswahaan kemumu, (21/4)

ARMA JAYA,bengkuluekspress.com – Akibat tidak kuat menahan resapan air hujan, Selasa sore (20/4) lalu tembok penahan tanah atau pondasi pelapis tebing milik warga Kelurahan Kemumu Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Ngadri ambruk. Sehingga longsoran material pelapis tebing setinggi hampir 5 meter tersebut menutupi saluran irigasi persawahan Kemumu. Berkat gotong royong yang dilakukan oleh warga setempat secara swadaya material longsor pelapis tebing tersebut, Rabu (21/4) selesai dibersihkan.

Lurah Kemumu, Awaludin SIP mengatakan, memang kejadian tersebut sudah dua hari lalu. Namun irigiasi yang tertutup material longsor baru selesai dibersihkan hari ini, itu berkat seluruh warga dan gapoktan yang ada secara swadaya bergotong royong. Awaludin juga menjelaskan, bahwa kejadian tersebut dikarenakan pondasi pelapis tebing yang berada di rumah Ngadri yang merupakan salah satu Ketua Gapoktan yang ada di sini ambruk akibat tidak kuat menahan resapan air hujan.
“Alhamdulillah setelah dikerjakan secara swadaya oleh warga kita, dengan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama akhirnya material longsor hari ini sudah selsai dibersihkan,”kata Awaludin.

Dengan terjadi kejadian tersebut, Awaludin menyampaikan, sawah yang terdampak akibat pondasi pelapis tebing ambruk mencapai seluas 560 hektare. Beruntung kejadian ini tidak berlangsung lama dan dalam kejadian ini juga tidak ada menimbulkan korban jiwa. Hanya saja akibat kejadian tersebut pemilik mengalami kerugian hingva puluhan juta rupiah.
“Irigasi ini mengaliri sekitar 560 hektar sawah, beruntung ini tidak berlangsung lama dan jiga tidak ada menimbulkan korban jiwa. Kalau kerugian pukuhan juta rupiah,”tukasnya.(127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*