Poltekkes Kemenkes Gelar Tes CAT CPNS

tes CPNS kemenkesBENGKULU, BE – Tanpa banyak publikasi, Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan RI, Bengkulu menggelar ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) bagi Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS), kemarin.   Tes dilaksanakan dengan sistem Computer Assistesd Test (CAT) di Laboratorium Komputer Poltekkes Kemenkes Bengkulu.
Direktur Poltekkes Kemenkes RI Bengkulu, Nur Elly SKp MKes  mengatakan, pelaksanan uji tes CPNS 2014 meliputi  dua instansi, yakni 13 formasi CPNS di jenjang Poltekkes Kemenkes RI Bengkulu dan 3 formasi CPNS dari Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas III Bengkulu.
Pelaksanaan tes digelar serentak se-Indonesia  dengan tempat uji kompetensi yang ditunjuk panitia seleksi nasional (Panselnas) di Lab Komputer Poltekkes Kemenkes Bengkulu.
Tes dilaksanakan satu hari yang dibagi dalam 3 sesi.  Sesi pertama dan kedua diikuti sebanyak 27 peserta dan sesi ketiga diikuti 30 peserta.
”Sebenarnya, ujian tes CPNS   yang mendaftar online sebanyak 118 orang, namun   berkas yang masuk hanya 98 orang, dan berkas yang dinyatakan valid sebanyak 91 berkas.  Namun setelah pengambilan nomor jumlah tersebut mengalami pengurangan kembali menjadi 84 orang, dan  jumlah inilah yang dinyatakan  lulus verifikasi dan mengikuti  ujian  tes CPNS,” kata Nur Elly.  Para pendaftar selain diprioritaskan  putra daerah, namun masih banyak dari daerah lain seperti Sumatera Barat, Yogyakarta,  dan lainya.  “Ini merupakan tes CPNS sistem CAT pertama kali digelar di Poltekkes Kemenkes Bengkulu yang ditunjuk tim Panselnas.  Dan Lab kita mampu menampung 40 peserta, dan saat ini telah didaftarkan tempat uji kompetensi di Panselnas,” ujar Nur Elly.
Dikatakanya, pelaksanaan ujian tes CPNS sistem  CAT digelar bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Bengkulu, pelaksanaan tes  dimulai sejak  pukul  07.30 diawali dengan  tahap uji coba, dan pada pukul 08.00 dimulai  tes secara serentak se-Indonesia.
“Server ujian tes CPNS baru dibuka pada pukul 08.00, masing-masing peserta diberi waktu mengerjakan  selama dua jam, yakni sesi pertama dari pukul 08.00-10.00 WIB,  dilanjutkan sesi kedua pada pukul  10.15 WIB – 12.15 WIB,  dan dilanjutkan istirahat dan  dibuka kembali pada  pukul 13.00 – 15.00 WIB, ” katanya.
Nur Elly  menyebutkan, hasil uji tes CPNS langsung bisa diketahui benar dan salahnya melalui perangkingan.  Namun nilai itu belum menjadi penentu lolos atau tidaknya dalam  TKD.   Pasalnya passinggrade belum diketahui.
Nur Elly juga meminta kepada  peserta untuk memantau  pelaksanaan  Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang diprediksi satu pekan ke depan.  “Kita juga menunggu informasi dari Panselnas, dan akan kita umumkan secara online, peserta dapat membuka  dan meng-update  tersebut dengan nomor pesertanya,” tandasnya.(247)