Poltek Raflesia Buka Peluang Kuliah Gratis

direktur rafflesiaCURUP, Bengkulu Ekspress – Politeknik Raflesia kembali membuka peluang kuliah gratis bagi tamatan SMA sederajat dari mana saja. Hal tersebut disampaikan Direktur Politeknik Raflesia Curup, Drs Surya Darminta, MPd.

“Ada dua beasiswa kuliah gratis yang kami sediakan untuk calon mahasiswa kami,” sampai Surya saat ditemui Jumat (22/3) kemarin.

Dijelaskan Surya, dua paket kuliah gratis yang disiapkan oleh Politeknik Raflesia tersebut adalah program kuliah untuk anak yatim piatu dan bidik misi.

Untuk beasiswa anak yatim piatu ini, dikhususkan untuk masiswa baik yang yatim, piatu maupun yatim piatu. Beasiswa yang diberikan hanya gratis uang kuliah saja. Namun untuk biaya lainnya masih dibebankan kepada mahasiswa.

“Untuk beasiswa yatim piatu nanti, bila kuotanya sudah terpenuhi maka akan kita lakukan kroscek ke rumah masing-masing, selain itu harus melampirkan keterangan dari pemerintahan desa atau kelurahan,” terang Surya.

Sementara itu, untuk program bidik misi, dijelaskan Surya sama dengan program bidik misi di perguruan tinggi lainnya. Dimana selain digratiskan seluruh biaya kuliah, mahasiswa yang mendapat beasiswa bidik misi juga akan mendapat uang saku sebesar Rp 600 ribu setiap bulannya. Untuk syarat mendapatkan beasiswa bidik misi ini, masuk dalam peringkat 10 besar di sekolah. Hal tersebut ditunjukkan dengan foto kopi raport.

“Untuk kuota beasiswa bidik misi tahun ini belum kita dapat, namun untuk tahun kemarin ada 100 orang, mudah-mudahan tahun ini 100 lagi atau bahkan lebih banyak,” harap Surya.

Dengan adanya beasiswa kuliah gratis tersebut, menurut Surya tidak ada lagi alasan lulusan SMA sederajat di Rejang Lebong maupun daerah lain untuk tidak kuliah karena tidak memiliki biaya, karena Poltek Raflesia memiliki beasiswa gratis.

“Beasiswa kuliah gratis ini, bukan hanya untuk masyarakat Rejang Lebong saja, namun seluruh lulusan SMA dari mana saja yang ada di tanah air ini,” papar Surya.

Program kuliah gratis yang dihadirkan Poltek Raflesia murupakan bagian dari amanah undang-undang yang direalisasikan Poltek Raflesia. Karena menurut Surya, peran pendidikan sangat penting dalam mengatasi sejumlah masalah sosial saat ini salah satunya untuk mengentaskan kemiskinan. Karena dengan kuliah, anak bangsa akan memiliki kemampuan yang bisa ia gunakan untuk mensejahterakan kelurganya.

Untuk jurusan yang ada di Poltek Raflesia sendiri, ada empat jurusan yaitu Tehnik Sipil dengan akreditasi C, Tehnik Elektro dengan akreditasi C, Tehnik Mesin dengan akreditasi B dan Akutansi dengan akreditasi B.

“Untuk dua jurusan yang masih akreditasi C, saat ini kita tengah berupaya minimal dapat B juga.
Untuk pendaftaran sendiri, menurut Surya akan dimulai pada 2 April hingga 30 Juni 2018 ini. Pendaftaran bisa dilakukan secara langsung dengan mendatangi Kampus Poltek Raflesia Curup yang ada di Jalan A Marzuki Kota Curup atau tepatnya disamping rumah dinas Bupati Rejang Lebong. Selain itu, pendaftaran juga bisa melalui online yaitu melalui https://pmb.poltek-raflesia.ac.id.

“Beasiswa kuliah gratis yang kita sediakan hanya untuk yang mendaftar digelombang pertama ini, kalau sudah digelombang kedua nanti beasiswa gratis tidak berlaku lagi,” demikian Surya. (251)