Polsek Muara Bangkahulu Gelar Apel Kesiapan Linmas untuk Penegakan Prokes di TPS

FOTO IMAN/ BE – Simulasi pemungutan suara di TPS dengan dengan menerapkan Prokes yang digelar PPK Muara Bangkahulu di Mapolsek Muara Bangkahulu, Jumat (27/11).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Polsek Muara Bangkahulu, Jumat (27/11) menggelar apel kesiapan Linmas untuk penegakan Prokes di TPS. Kegiatan tersebut juga dilanjutkan dengan simulasi proses pencoblosan dan pemungutan suara dengan menerapkan aturan dan protokol kesehatan. Kegiatan tersebut digelar di halaman Mapolsek Muara Bangkahulu dengan diikuti oleh perwakilan Linmas di beberapa kelurahan, Babinsa dan Babinkamtibmas se-wilayah Kecamatan Muara Bangkahulu.

Kapolsek Muara Bangkahulu, AKP Chusnul Qomar menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan untuk menyiapkan personel linmas dan mengingatkan tekhnis pengamanan pada pilkada 9 Desember di masa Pandemi. Ia mengatakan, petugas linmas wajib menerangkan terkait prokes kepada para pemilih yang ingin masuk ke TPS.

“Apel ini tujuannya mengingatkan Linmas, Babinkamtibmas dan Babinsa terkait tekhnis pengamanan proses pemungutan suara di TPS pada masa pandemi ini. Kita juga lakukan simulasi pengamanan yang diikuti sekitar 35 linmas,” jelas Qusnul.

Sementara itu, ketua PPK Muara Bangkahulu, Albert mengatakan simulasi tersebut bertujuan untuk menjalankan teknis pengamanan di TPS yang lebih mengedepankan protokol Kesehatan pada saat pemilihan. Ia menjelaskan nantinya teknis pemilihan pada saat dilapangan lebih diutamakan protokol Kesehatan untuk masyarakat yang akan memilih.

“Ada beberapa hal baru yang ada pada pencoblosan di TPS dalam masa pandemi covid 19 ini. Terutama kita mengingat pemilih untuk mengikuti protokol kesehatan. Wajib pakai masker, menggunakan sarung tangan dan akan kita lakukan pengecekan suhu tubuh serta setelah memilih diwajibkan untuk mencuci tangan kembali,” ungkapnya.

Diketahui, jumlah TPS yang ada di wilayah Muara Bangkahulu berjumlah 108 TPS dan 2 diantaranya adalah TPS khusus yang berada di Lapas Bentiring dan Lapas Perempuan. Selain mengedepankan nilai kejujuran dan keadilan dalam proses pemungutan suara, panitia penyelenggara pemilu disaat pandemi juga dibebankan untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat jika ingin menggunakan hak pilihnya masing-masing. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*