Polri Ikut Jaga Stabilitasi Pangan

Kapolda Bengkulu Bersama PJU Polda Bengkulu saat menggelar panen dan tanam bawang merah di Desa  Purwodadi Kecamatan Bermani Ulu.
Kapolda Bengkulu Bersama PJU Polda Bengkulu saat menggelar panen dan tanam bawang merah di Desa Purwodadi Kecamatan Bermani Ulu.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Dalam upaya menjaga stabilitasi pangan, saat ini bukan hanya menjadi tugas Bulog saja, namun juga sudah menjadi tugas Polri. Hal tersebut disampaikan Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Coki Manurung saat kegiatan panen dan tanam bawang di Desa Purwodadi Kecamatan Bermani Ulu Selasa (16/1) kemarin.

“Saat ini Polri juga ambil bagian dalam menjaga stabilitas pangan,” terang Kapolda.

Menurut Kapolda, setiap harinya ia selalu melaporkan masalah stabilitas pangan yang ada di Bengkulu kepada Kapolri.

Kegiatan panen dan tanam bersama yang dilakukan kemarin merupakan bagian dari stabilisasi pangan yang dilakukan Bhabinkamtibmas.

“Apa yang kita lakukan hari ini merupakan bagian dari kegiatan ketahanan pangan masyarakat bersama Polri,” tambah Kapolda.

Karena menurut Kapolda, ketahanan pangan akan muncul bila semua pihak bersinergi termasuk Polri dengan masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, Kapolda meminta agar masyarakat terus meningkatkan produktifitas bawang merah dikawasan tersebut.

Kapolda juga menyarankan agar pihak desa melakukan kegiatan study banding ke Pulau Jawa salah satunya ke Nganjuk. Karena di daerah Nganjuk petani bawangnya sudah sangat maju.

Sementara itu, Kades Purwodadi, Riadi mengungkapkan bahwa kegiatan budidaya bawang yang mereka lakukan tersebut sudah berlangsung sejak satu tahun terakhir.

“Budidaya bawang merah yang kita lakukan ini sudah berkembang pesat, bibit awal kita hanya 10 Kg, sekarang sudah meningkat menjadi 1,2 ton dengan hasil panen menjadi Rp 5 ton,” terang Kades.

Kades berharap nantinya pengembangan bawang merah ini tidak hanya di Desa Purwodadi saja namun, diseluruh kecamatan Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya.

Selain itu, Kades juga memastikan Desa Purwodadi akan mendukung penuh program pembinaan Bhabinkamtibmas di Desa Purwodadi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kapolda dan istri beserta jajarannya yang telah melakukan kegiatan sosial di Desa Purwodadi ini,” demikian Riadi.

Kegiatan tanam dan panen bawang kemarin dilakukan dilahan pertanian milik kelompok tani Sidomulya Kecamatan Bermani Ulu yang dibina anggota Bhabinkamtibmas Bripka R Pasaribu yang merupakan anggota Polsek Bermani Ulu.(251)