Polres Usut Dugaan Korupsi Dana Kelurahan

korupsi...1
Foto: Ist

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Diam-diam penyidik tindak pidana korupsi (Tipikor) Polres Kaur mulai mengusut kasus dugaan korupsi penggunaan dana kelurahan. Buktinya saat ini dana yang diperuntukan tiga kelurahan itu satu diantaranya sudah dilidik penyidik Tipikor. Kini penyidik sudah memanggil beberapa saksi untuk dimintai keterangan terkait dengan kucuran dana yang nominalnya lebih dari Rp 300 juta tersebut.

Pengusutan dana kelurahan itu dilakukan lantaran penyidik merasa janggal dalam pengerjaan hingga peruntukannya apakah sudah sesuai dengan mekanisme yang berlaku termasuk apakah pekerjaan yang dilakukan sudah sesuai standar. Sehingga perlu dilakukan pemeriksaan mendalam baik kepada pihak ketiga yang mengerjakan termasuk juga kepada pihak pelaksana dalam hal ini OPD terkait.



“Ya soal dana kelurahan ini sedang kita usut dan masih tahap pemangilan saksi,” kata Kapolres Kaur AKBP Arief Hidayat S IK melalui Kasat Reskrim Iptu Ahmad Khariuman SE M Si, kemarin (26/9).

Dikatakan Kasat, saat ini pihaknya baru sebatas melakukan klarifikasi dan memintai keterangan sejumlah saksi salah satunya yakni Ketua Forum RT Kelurahan Bandar Kecamatan Kaur Selatan. Artinya dalam waktu dekat juga akan memanggil sejumlah pihak terkait seperti Pejabat Pengelola Teknis Kegiatan (PPTK), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) hingga pihak ketiga untuk dimintai keterangan.“Yang baru kita panggil itu ketua forum dulu nanti yang lain kita mintai keterangan satu satu,” terang Kasat.

Seperti diketahui kucuran dana kelurahan tahun ini kepada tiga kelurahan di Kaur yang nominalnya mencapai Rp 1 miliar untuk tiga kelurahan yakni Kelurahan Kaur Selatan, Kelurahan Tanjung Iman dan kelurahan Simpang Tiga Kaur Utara.

Sayangnya dalam peruntukannya sejumlah forum RT mengaku tak dilibatkan, sementara berdasarkan mekanismenya seharusnya dana tersebut diswakelolakan bukan malah dilelang. Sebelumnya forum RT juga sudah mendatangi DPRD Kaur meminta diswakelolakan sayangnya dana tersebut sudah dikucurkan dan kegiatan sudah nyaris rampung.(618)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*