Polres RL Siap Amankan Pilkades

ARY/BE
Rakor lintas sektor menjelang pelaksanaan Pilkades serentak tahap III di Kabupaten Rejang Lebong, Rakor digelar di Mapolres Rejang Lebong Senin (2/12) kemarin

CURUP, bengkuluekspress.com – Kapolres Rejang Lebong AKBP Jeki Rahmat Mustika SIK mengungkapkan kesiapan jajarannya untuk mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Rejang Lebong pada tahun 2020 mendatang. Bahkan tak hanya siap mengamankan Pilkades pihaknya juga siap mengamankan Pilkada serentak di Kabupaten Rejang Lebong.

“Tahun 2020 mendatang, akan ada sejumlah hajatan besar di Rejang Lebong mulai dari Pilkades, Pilbub dan Pilgub, hari ini kta menggelar Rakor lintas sektor untuk mempersiapkan pengamanan yang akan kita lakukan,” sampai Kapolres usai membuka Rakor lintas sektor di aula Mapolres Rejang Lebong Senin (2/12) kemarin.

Menurut Kapolres, dalam Rakor tersebut pihaknya mengundang sejumlah pihak terkait terutama dalam bidang keamanan yaitu dari jajaran TNI dalam hal ini Kodim 0409/Rejang Lebong dan Brimob dari Batalyon A Pelopor Brimob Polda Bengkulu.

Kapolres berharap, dengan adanya Rakor yang mereka laksanakan tersebut, maka pihaknya bersama pihak terkait lainnya bisa memetakan daerah mana saja yang membutuhkan pengamanan lebih baik saat Pilkades maupun saat Pilkada. “Kita membutuhkan informasi dari pihak-pihak terkait dengan pola pengamanan yang akan kita lakukan sehingga pelaksanaan Pilkades, Pilbup dan Pilgub di Rejang Lebong ini bisa aman terkendali,” tambah Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres mengungkapkan dalam pengamanan Pilkades dan Pilkada di Kabupaten Rejang Lebong pihaknya akan membagi dalam tiga zona yaitu merah, kuning dan hijau. Setelah mengetahui zona-zona tersebut, pihaknya akan melakukan pemetaan dan melakukan sejumlah upaya sejak dini untuk mencegah terjadinya berbagai potensi kerawanan yang akan muncul. “Kegiatan ini juga bagian dari sinergitas atara TNI, Polri dan pemerintah daerah, karena semakin kita sinergi dan kuat maka permasalah yang ada dilapangan dapat kita selesaikan dengan baik,” ungkap Kapolres.

Sementara itu, Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol Inf Sigit Purwoko SE yang hadir dalam kesempatan tersebut mengungkapkan jajaran TNI terutama Kodim 0409/Rejang Lebong siap membantu pengamanan yang dilakukan jajaran Polres Rejang Lebong dalam pelaksanaan Pilkada dan Pilkades di Kabupaten Rejang Lebong. “Kita prinsipnya siap membantu melakukan pengamanan dan personelnya sudah kita siapkan dari masing-masing Koramil,” sampai Dandim.

Terkait dengan pelaksanaan Rakor kemarin, menurut Dandim tak lain merupakan bagian dari untuk mensinergikan stakeholder terkait dalam suksesnya pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Rejang Lebong. Selain dibuka Kapolres dan dihadiri Dandim 0409/Rejang Lebong, Rakor kemarin juga dihadiri oleh Komandan Batalyon A Pelopor Brimob Polda Bengkulu, Kompol Hariyanto, Asisten I Pemkab Rejang Lebong, Pranoto Majid SH MH, dan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Achmed Chalid ST para Camat dan sejumlah pihak terkait lainnya. (251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*