Polres RL Musnahkan Puluhan Barang Bukti

Pemusnahan barang bukti dalam rangka peringatan HUT Bhayangkara ke-75 yang dilaksanakan di Mapolres Rejang Lebong Kamis (1/7).

CURUP, bengkuluekspress.com – Bertepatan dengan HUT Bhayangkara ke-75 tahun 2021, Kamis (1/7) kemarin Polres Rejang Lebong melakukan pemusnahan puluhan barang bukti dari sejumlah kasus yang ditangani oleh Polres Rejang Lebong.

“Hari ini kita melaksanakan pemusnahan barang bukti dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75,” terang Kapolres Rejang Lebong AKBP Puji Prayitno SIK MH melalui Wakapolres, Kompol Edi Syafrudin SH kamis kemarin.

Dijelaskan barang bukti yang dimusnahkan tersebut murapakan barang bukti baik yang penanganannya memang dilakukan oleh Polres Rejang Lebong dalam hal ini Sat Narkoba dan Sat Reskrim Polres Rejang Lebong serta ada penyerahan dari Lapas Kelas IIA Curup.

“Barang bukti yang kita musnahkan ini adalah barang bukti dari tahun 2018 lalu,” tambah Kompol Edi.

Lebih lanjut ia menjelaskan barang bukti dari Satres Narkoba Polres Rejang Lebong antara lain 145 paket sabu-sabu, kemudian 3 paket ganja dan dua paket pil ekstasi serta barang bukti temuan ladang ganja di Desa Lubuk Alai Kecamatan Sindang Beliti Ulu sebanyak dua karung.

Sedangkan barang bukti dari Sat Reskrim Polres Rejang Lebong yaitu 12 pucuk senjata api rakitan dengan rincian enam pucuk senjata api rakitan laras panjang dan enam pucuk laras pendek. Kemudian barang bukti sitaan penyerahan dari Lapas Kelas II Curup yaitu sitaan tahun 2018 berupa tiga paket sabu-sabu, 45 paket ganja dan 15 buktir ekstasi serta dua senjata api rakitan laras pendek.

“Untuk ganja sendiri total yang kita musnahkan hari ini seberat 12 Kg ganja kering,” papar Kompol Edi.

Proses pemusnahan sendiri, khusus untuk narkotika baik sabu-sabu dan alat hisabnya termasuk ganja dilakukan dengan cara dibakar. Sedangkan untuk senjata api dimusnahkan dengan cara dipotong menggunakan mesin pemotong besi. Pemusnahan barang bukti kemarin melibatkan sejumlah pihak terkait mulai dari Lapas Kelas IIA Curup, Kejari Rejang Lebong, BPOM, Pengadilan Negeri dan Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong.

Selain pemusnahan barang bukti, kegiatan puncak HUT Bhayangkara di Polres Rejang Lebong kemarin diawali dengan upacara secara virtual kemudian dilanjutkan dengan syukuran yaitu dengan kegiatan pemotongan tumpeng yang diikuti oleh Wakapolres dan PJU serta Kapolsek jajaran Polres Rejang Lebong. (251)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*