Polres Pastikan Lebaran Aman

IRUL/Bengkulu Ekspress RAKOR: Polres Kaur saat menggelar Rakor lintas sektoral Ops Ketupat Nala 2019 di aula Mapolres Kaur, Senin (27/5).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Menjelang lebaran dan sebagai kesiapan pengamanan saat mudik maupun balik, jajaran Polres Kaur bersama instansi terkait menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Linsek) yang digelar di Aula Polres Kaur. Rakor Linsek ini diikuti oleh Polres Kaur, Kodim 0408 Kaur dan pihak terkait lainnya.

Dalam Rakor Linsek, Kapolres Kaur AKBP Arief Hidayat SIK, yang memimpin jalannya Rakor menyampaikan, jika Operasi Ketupat Nala merupakan operasi kemanusiaan dalam membantu masyarakat dalam pengaturan arus lalu lintas dan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas menjelang perayaan hari raya Idul Fitri tahun 2019.



“Dimohon agar seluruh stakeholder dan komponen masyarakat untuk mengimbau dan menjaga kondusivitas Kamtibmas di wilayah Kabupaten Kaur,” kata Kapolres kemarin (27/5).

Dikatakan Kapolres, ia menyampaikan salah satunya, pemetaan titik rawan kecelakaan, kepadatan, dan kriminalitas. Titik rawan kecelakaan di antaranya, jalur Selatan Nasal dan Padang Guci. Sedang, rawan kepadatan berada di Jalan raya Maje dan Merpas Kecamatan Nasal. Untuk itu masyarakat diminta untuk waspada.“Kalau titik kemacetan parah tidak ada paling pas lebaran nanti. Makanya hari ini kita gelar Rakor untuk mencari solusi. Salah satunya adanya penambahan anggota untuk mengatur lalu lintas,” terangnya.

Selain itu, Kapolres juga menyampaikan untuk menjaga kondusivitas wilayah Polres Kaur melaksanakan operasi kegiatan Kepolisian yang ditingkatkan dan diharapkan partisipasi dari masyarakat dengan berperan secara aktif melaksanakan Siskamling di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Kapolres juga berharap menjelang perayaan hari raya Idul Fitri ditekankan untuk minuman keras dan petasan dapat dihilangkan. Dimana dalam kegiatan ini pihaknya lebih mengedepankan kegiatan pencegahan dan pengamanan bagi masyarakat dalam merayakan lebaran nanti.

“Untuk pendirian Pos PAM sama dengan tahun lalu, nanti Pos PAM Ketupat 2019 ini akan menyebar di wilayah Kaur ini,” terangnya.

Ditambahkan, perwira dengan dua melati dipundak ini mengatakan, pihaknya nanti membentuk sebanyak 4 Pos Pam dan Pos Yan, diantaranya, Pospam Linau Maje, Desa Merpas Kecamatan Nasal, dan untuk Pos Yan Pantai Hili Kecamatan Semidang Gumay dan Pantai Laguna Kecamatan Nasal.

Dia mengatakan, sesuai instruksi, pengamanan Operasi Ketupat akan melibatkan personel gabungan Polri, TNI, serta jajaran Pemkab Kaur.“Kita sudah koordinasi lintas sektor dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440 H nanti. Termasuk juga di titik-titik rawan kriminalitas dengan menempatkan pasukan,”terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaur Three Marnope S Pd MTPd yang hadir dalam Rakor tersebut, pihaknya menyambut baik pelaksanaan rapat kordinasi ini. Juga mengharapkan kerjasama antara semua pihak yang terlibat dalam operasi ini. Ia berharap masyarakat yang mudik nyaman dan senang. “Mengadapi lebaran ini petugas kita akan kita siagakan, baik itu dari Dishub, Satpol PP, Dinkes dan pramuka. Berharap mudik lebaran ini berjalan lancar sesuai dengan harapan kita semua,”singkatnya.(618)