Polres Mukomuko Gotong Royong Antisipasi Banjir Musiman

FOTO ENDI/BE – Personel Polres Mukomuko sedang memberisihkan sampah di sungai, Rabu (23/6).

MUKOMUKO,  bengkuluekspress.com  Sebanyak puluhan personel dari Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Rabu (24/6) bergotong royong membersihkan berbagai jenis sampah di saluran air untuk mengantisipasi banjir air musiman saat musim hujan sekarang ini.

Berdasarkan pantauan di lokasi, puluhan personel Polres bersama dengan pejabat dan pegawai negeri sipil di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat bergotong royong membersihkan sampah di  saluran air depan Sekretariat Pemkab Mukomuko.

Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko AKBP Andy Arisandi mengatakan, tujuan diadakannya gotong royong itu untuk membersih sampah saluran air ini sekaligus menjaga biota yang ada di sungai.

Kemudian yang berikutnya adalah di titik ini beberapa kali kalau terjadi musim hujan selalu ada banjir dan di atasnya ada air yang tergenang dan diharapkan setelah ini tidak ada lagi air yang tergenang di jalan.

“Saya berharap setelah ini tidak ada lagi air yang tergenang di atas jalan kabupaten ini dan air hujan langsung langsung bisa turun ke saluran air kemudian mengalir lancar ke sungai,” ujarnya.

Selain itu, ia berharap, kegiatan gotong royong membersihkan saluran air ini bisa diikuti oleh masyarakat setempat, serta meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya sendiri .

“Yang mau saya bangun, kalau sudah bersih seperti ini masa sih masyarakat masih membuang sampah di sungai. Itu maksud kami kemudian pihak terkait di bidangnya mulai merencanakan bagaimana sungai bisa bermanafaat di Kabupaten Mukomuko,” ujarnya.

Menurutnya, mungkin bukan hanya sekedar untuk komoditas ekonomi saja, tetapi air sungai ini bisa menjadi kreasi san setiap sore hari banyak orang yang memancing di lokasi ini..

Selain itu, menurutnya, masyarakat di wilayah ini membutuhkan tempat untuk “refresh”, dan tempat rekreasi seperti sungai ini bisa jadi sarana yang bagus untuk untuk masyarakat di wilayah ini.

Ia mengatakan, kegiatan gotong royong ini termasuk dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara tahun ini dan hari ini kegiatannya fokus membersihkan saluran air di lokasi ini.

“Banyak rangkaian kegiatan di Hari Bhayangkara. Darah habis kita adakan donor darah, kemudian saya mencoba mencari permasalahan apa yang ada di Kabupaten Mukomuko. Kami mau hadir di Hari Bhayangkara ini apa kegiatan tergantung di lingkungan masing-masing,” ujarnya.(en)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*