Polres Lebih Nyaman dan Bersahabat

kapolda potong pitaKepolisian Resort (Polres) Bengkulu kini telah banyak berbenah menjadi lebih baik.

Baik dari sisi pelayanan maupun kenyamanan pada masyarakat Dimasa kepemimpinannya, Kapolres AKBP. H. Joko Suprayitno, SST, MK telah membuat terobosan baru.

Dengan penataan ruang, taman dan bangunan baru sesuai standar Mabes Polri. Kini Polres Bengkulu memiliki wajah baru yang lebih nyaman, ramah dan bersahabat.

Seperti Apa Kondisi Polres Bengkulu kini?
Berikut Laporannya

                                                                                                                                                                                                         
Doni- Kota Bengkulu                                                                                                                                                            

Kemarin, Kapolda Bengkulu Brigjend Pol A.J Benny Mokalu, SH bersama Walikota Bengkulu Helmi Hasan meresmikan gedung baru Reskrim Polres Bengkulu tersebut. Acara peresmian ini juga dihadiri oleh Ketua (Badan Masyarakat Adat) BMA Kota, H Effendi MS, Anggota DPRD Kota Bengkulu, serta Tokoh masyarakat.

Kapolda disaksikan pejabat dan tamu/undangan yang hadir meresmikan ruangan dan fasilitas baru yang tersedia di Mapolres. Kini Polres memiliki Mulai ruangan khusus PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak). Selain itu Polres juga menyediakan taman bermain anak, dilengkapi aneka fasilitas permainan, yang terdapat di depan Mapolres .

“Gedung baru ini hibah dari Pemda Propinsi,” ujar Kapolda Benny Mokalu dalam sambutannya saat peresmian kemarin.
Kapolda mengharapkan, dengan adanya gedung baru ini, Anggota Polres khusunya di Sat Reskrim bisa bekerja lebih maksimal, memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Sebab, sejatinya tugas polisi itu sebagai pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat. ”Apapun pangkat polisi, posisinya harus lebih rendah saat sedang melayani masyarakat,” terang Kapolda.

Lebih jauh, Kapolda menyampaikan peningkatan sistim keseimbangan hukum menjadi priortas utama Polri saat ini. Keseimbangan hukum itu kata Kapolda artinya jika korban telah menyatakan puas dengan keadilan yang diterimanya, maka polisi tak berhak memperpanjang perkara tersebut Makanya disini juga ada peran serta BMA. JKika ada perkara yang bisa diselesaikan dengan cara kekeluargan dan adat, maka posisi polisi hanya sebatas pengamanan. Kerja sama antara polisi dan BMA pun ditingkatkan lagi. ”Kalau ada masalah kecil, kami akan libatkan BMA. Kantornya juga akan kami resmikan,” kata Kapolda.

Kapolres Joko Suprayitno menjelaskan, kini Polres memiliki ruangan khusus unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), yang baru dibangun. Kini semua persoalan kriminalitas yang mendera perempuan dan anak ditangani dan dilayani oleh Polwan yang ramah sebagai penyidiknya. Di ruangan itu, telah disediakan tempat istirahat yang nyaman, untuk para korban kekerasan. Selain itu, polres Bengkulu juga telah dilengkapi dengan tempat ibadah full AC (Air Conditioner), sehingga, para anggota polisi bisa khusuk dan merasa nyaman saat beribadah.

Untuk menghilangkan kesan angker pada kantor polisi, Kapolres juga membuat taman bermain untuk anak-anak. Sejumlah permainan anak sengaja diletakan tepat didepan Mapolres Bengkulu. Setiap sore banyak terlihat, anak dan ditemani orang tuanya bersantai di taman Polres tersebut.(**)