Polres Kaur Waspadai Jalur Tikus Perbatasan

RAKOR: Polres Kaur Polda Bengkulu menggelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Nala 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri di aula Mapolres Kaur, dan dilanjutkan foto bersama, Rabu (28/4).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Polres Kaur Polda Bengkulu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Operasi Ketupat Nala 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H Masehi. Rakor yang digelar di aula Mapolres Kaur, Rabu (28/4) itu dipimpin langsung Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH serta dihadiri Plt Asisten I Setda Kaur, Robi Antomi SPi, Plt Perwira Penghubung (Pabung) Kapten Inf Henri Marpaung, jajaran Polsek serta seluruh unsur Forkopimda Pemkab Kaur.

Kapolres Kaur menyampaikan, dalam Rakor ini ada beberapa poin yang dibahas. Salah satunya terkait pelaksanaan mudik atau pulang kampung pada hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang tetap dilarang sesuai dengan kebijakan dari pemerintah pusat.

“Pelarangan mutlak bagi pemudik akan diberlakukan pada Operasi Ketupat yang dimulai pada 6-17 Mei mendatang. Untuk itu, sebaiknya masyarakat mengindahkan aturan yang ada. Karena kita tidak akan segan-segan untuk memutarbalikan kendaraan para pemudik,” kata Kapolres, Rabu (28/4).

Dikatakan Kapolres, untuk mengantisipasi para pemudik, pihaknya akan melakukan penyekatan di beberapa jalur. Terutama di perbatasan antar provinsi seperti perbatasan Provinsi Lampung dengan Provinsi Bengkulu Kabupaten Kaur Kecamatan Nasal. Dimana nanti tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan Dishub juga akan akan memperketat atau mewaspadai jalur-jalur alternatif atau jalur tikus untuk mengantisipasi pemudik yang nekat melintas saat libur Idul Fitri 2021 nanti.

“Di sini nanti akan memperkuat pengamanan di jalur khusus sepeda motor guna mewaspadai pemudik dengan menggunakan jalur alternatif atau jalur tikus,” terangnya.

Ditambahkan Kapolres, dimana pemerintah meniadakan kegiatan mudik untuk tahun 2021. Hal tersebut juga didasarkan pada pertimbangan hasil statistik tahun lalu yang menunjukkan peningkatan angka penularan Covid-19 dan korban jiwa yang cukup tinggi disaat terjadi libur panjang. Untuk itu Kapolres Kaur mengajak kepada seluruh stakeholder agar bisa melaksanakan kegiatan pengamanan operasi dengan lancar dan mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan mudik.

“Mari kita utamakan keselamatan bersama dengan tidak mudik ke kampung halaman demi memutus mata rantai penularan Covid-19,” sampainya.

Sementara itu, Plt Asisten I Setda Kaur Robi Antomi SPi dalam sambutannya juga menyampaikan, Pemkab Kaur siap bekerja sama dengan Polres Kaur untuk mengamankan Hari Raya Idul Fitri 1442 H di wilayah hukum Polres Kaur. Dimana Pemkab Kaur akan menurunkan instansi terkait seperti Dinkes, Dishub dan Satpol PP untuk pengamanan Idul Fitri.

Pada kesempatan tersebut, Robi juga mengimbau agar masyarakat tidak mudik untuk Hari Raya Idul Fitri nanti, demi kebaikan bersama di masa pandemi Covid-19.

“Kita Pemkab Kaur siap bekerja sama dengan Polres Kaur untuk pengamanan Idul Fitri. Juga dengan kondisi seperti ini kita minta kepada masyarakat Kaur agar tahan dulu untuk mudik tahun ini demi kesehatan kita dan keluarga,” jelasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*