Polres Gelar Rakor Pemilu

RAKOR Kapolres Kaur, Sekretaris Panwaslu dan Ketua KPU Kaur, serta para anggota Polres Kaur saat mengikuti rapat Oprasi Mantap Brata di aula Mapolres Kaur, Senin (179 (2)
IRUL/BE
RAKOR: Kapolres Kaur, Sekretaris Panwaslu dan Ketua KPU Kaur, serta para anggota Polres Kaur saat mengikuti rapat Operasi Mantap Brata di aula Mapolres Kaur, Senin (17/9).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Jajaran Polres Kaur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lat Pra Ops Mantap Brata Nala 2018 di aula Mapolres Kaur, Senin (17/9). Kegiatan yang dibuka langsung Kapolres Kaur AKBP Sisman Adi Pranoto SH SIK dan dihadiri Ketua KPU Kaur Mexsi Resmanto SE dan Sekretaris Panwaslu Repsun Devit R SH serta diikuti jajaran Polres Kaur ini merupakan bagian Operasi Mantap Brata dalam rangka pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

“Harapan saya para anggota Polres Kaur yang terlibat operasi Mantap Brata Nala ini agar benar-benar menyimak dan memahami agar benar benar siap melaksanakan operasi pengamanan Pemilu 2019,” kata Kapolres.

Dikatakan Kapolres, ada tiga kunci sukses pelaksanaan Pemilu, antara lain lancarnya pelaksanaan Pemilu kemudian meningkatnya partisipasi Pemilu dan tidak terjadinya gangguan Kamtibmas yang menonjol selama pelaksanaan. Melalui Rakor dalam persiapan menghadapi Pemilu yang mana sebentar lagi masa kampanye akan dimulai, maka perlu bagi anggota yang melakukan pengawasan, untuk mengetahui aturan maupun yang lainnya sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

“Saya minta para anggota peserta pengamanan bisa paham dengan aturan tentang undang-undang nomor 2 tahun 2002 tentang kepolisian serta Undang-undang nomor 17 tentang Pemilu,” terangnya. Sementara itu, Ketua KPU Kaur Mexsi Resmanto yang hadir dalam Rakor itu juga menyampaikan, dimana dalam PKPU No 7 tahun 2017 sebagai mana telah diubah dengan PKPU nomor 5 tahun 2018 tentang program tahapan dan jadwal penyelengaraan Pemilu 2019.



Dari jadwal yang ada untuk tahapan kampanye peserta Pemilu tahun 2019, akan dilaksanakan pada 23 September 2018, dan berakhir pada 13 April 2019. Dengan begitu maka hal-hal yang bisa melangar aturan tentang Pemilu tidak menutup kemungkinan terjadi, maka dari itu selaku pegamanan dan pengawasan harus sigap dan hal-hal yang harus dilakukan dalam melakukan pengamanan. Sedangkan untuk masa tenang Pemilu akan dimulai pada 14-16 April 2019 sedangkan pencoblosan pada 17 April 2019. “Kami dari KPU berharap kepada jajaran Polres untuk selalu meningkatkan koordinasi dalam mengawasi pelanggaran Pemilu nanti, karena tahapan Pemilu saat ini sudah dimulai dan tentu ini perlu dukungan semua pihak,” harapnya. (618)