Polres Gelar Lomba MTQ

RIZKY/Bengkulu Ekspress
Kapolres Bengkulu, AKBP Prianggodo Heru Kunprasetyo SH SIK menyematkan kartu peserta kepada perwakilan peserta MTQ.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah, Polres Bengkulu menggelar lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Jum’at (21/9). Lomba MTQ tersebut diikuti sebanyak 40 perserta tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bengkulu.

Kapolres Bengkulu, AKBP Prianggodo Heru Kunprasetyo SH SIK mengatakan, tujuan diadakan lomba MTQ tersebut untuk memberantas buta huruf Al-Qur’an sejak dini di kalangan pelajar atau bahwa masyarakat umum. Selain itu juga untuk menjalin kemitraan antara polisi dan masyarakat.



“Kita adakan lomba ini untuk memberantas butu huruf Al-Qur’an, sekaligus menjalin kemitraan antara polisi dan masyarakat,” jelas Kapolres.

Jika sudah terjalin kemitraan antara polisi dan masyarakat, diharapkan saat pelaksaan pemilu 2019 nanti tidak ada gesekan sedikitpun. Karena jika sudah terjalin kemitraan tentu semua peraturan akan ditaati. Terkait lomba MTQ tersebut menurut Kapolres sangat positif, karena AL-Qur’an merupakan bacaan utama sebagai petunjuk jalan yang lurus bagi umat islam. Tidak heran jika Kapolres berharap lomba MTQ tersebut kedepan diusahakan dilakukan rutin setiap tahun.

“MTQ ini baru sekali kita adakan, semoga kedepan bisa dilaksanakan rutin. Tentunya kita Polres Bengkulu, menginginkan dukungan dari sejumlah pihak terkait,” imbuh Kapolres.

Masih dikatakan Kapolres, peserta MTQ atau masyarakat umum yang mampu menghafal Al-Quran (Hafiz) bakal mendapatkan rekomendasi khusus dari Polri. Rekomendasi yang dimaksud adalah menjadi prioritas saat mendaftarkan diri sebagai anggota polisi.

Imbauan tersebut merupakan program dari Polri langsung, sehingga muda-mudi yang mampu menghafal Al-Qur’an dan tertarik menjadi anggota polisi tidak ada salahnya mendaftar. “Polri memiliki rekomendasi khusus bagi hafiz Qur’an jika mendaftarkan diri menjadi anggota polisi. Hafiz Qur’an bakal mendapatkan prioritas jika mendaftar polisi,” tegas Kapolres.

Lomba tersebut akan dilaksanakan selama dua hari, satu hari 20 peserta akan tampil. Panitia menyiapkan 20 surah yang nantinya dibaca peserta, yakni Surah An-Anfal ayat 1, Al-Hijr ayat 45, Yusuf ayat 7, 21, 58 dan 101. Asy-Syu’ara ayat 69, Ar-Raa’du ayat 8, Hud ayat 41, 69 dan 96. Yunus ayat 54, Ali-Imran ayat 31, Al-Maidah ayat 57, AN-Nahl ayat 90, Ibrahim ayat 1 dan 35, At-Taubah ayat 60, Al-A’raf ayat 59 dan Al-Isra ayat 78. (167)