Polres Dukung Tera Ulang Timbangan

TAIS, Bengkulu Ekspress – Upaya melakukan tera ulang seluruh timbangan yang ada di Kabupaten Seluma oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koprasi dan Usaha Kecil Menegah (Disperindagkop dan UKM). Mendapat dukungan dari Polres Seluma, yakni dari Sat Reskrim unit Kanit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter).

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Perindagkop dan UKM mengenai hal itu. Kami siap memback up atau mendukung rencana pengukuran ulang (Tera) semua timbangan di Seluma,” tegas Kapolres Seluma AKBP I Nyoman Mertha Dana SIK didampingi Kasat Reskrim AKP Rizka Fadhilah SIK dan Ipda Catur Prasetyo kepada BE kemarin (21/8).

Menurutnya, sewaktu waktu diperlukan. Penyidik Unit Tipidter siap turun. Untuk itu, Polres meminta Dinas Perindagkop dan UKM menyusun jadwal. Disamping itu, Kanit Tipidter juga meminta agar masyarakat secara kooperatif melaporkan ke Polres Seluma. Jika menemukan indikasi dugaan penyimpangan terhadap kapasitas timbangan yang digunakan pedagang. Termasuk takaran dari literan yang ada di setiap SPBU di Kabupaten Seluma.



 

“Silahkan sampaikan laporan. Kalau ada masyarakat yang dirugikan. Kami siap menindaklanjutinya,” tegas Kanit Tipiter.

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM H Mulyadi SSos MM Seluma mengatakan, saat ini semua peralatan sudah lengkap. Satu unit kendaraan dengan peralatan tera. Ditambah dua unit sepeda motor lapangan. “Bantuan peralatan tersebut hasil dari proposal yang disampaikan ke kementrian. Kemudian, ditindaklanjuti oleh kementrian,” tegasnya lagi.

Mulyadi melanjutkan, bukan hanya timbangan di pasar saja yang akan ditera ulang, tetapi juga timbangan di pabrik CPO, serta perkebunan yang membeli sawit dari masyarakat. Untuk memastikan memang timbangan yang digunakan akurat. “Kami sedang mendata bukan hanya timbangan di pasar saja. Di pabrik CPO, kemudian takaran di SPBU, serta timbangan besar lainnya juga diperiksa. Untuk memastikan takarannya benar-benar akurat,” pungkasnya. (333)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*